Tilang Elektronik Terbukti Efektif, Polri Berlakukan di Pulau Jawa

Hendra - Rabu, 23 Oktober 2019 | 16:00 WIB
Kawasan tilang elektronik terbukti minim pelanggaran
Kawasan tilang elektronik terbukti minim pelanggaran

GridOto.com- Tilang elektronik atau Electronic Traffic Laws Enforcement (ETLE) dianggap efektif mengurangi pelanggaran. 

Karenanya, Korps Lalu Lintas Polri akan memberlakukan di wilayah Polda di seluruh Pulau Jawa.

Kepala Korlantas Polri Irjen. Pol. Drs. Refdi Andri, M.Si, mengatakan hal tersebut dalam video conference dengan seluruh Dirlantas Polri se-Indonesia.

Ia meminta Polda Jawa Tengah, Polda Jawa Barat, dan Polda Jawa Timur segera melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah.

(Baca Juga: Kembali Diperluas, Apakah Tilang Elektronik Sukses Kurangi Pelanggaran?)

"Dalam rangka memperluas cakupan sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Laws Enforcement (ETLE) serta penyediaan sarana dan prasarana ETLE," kata Kakorlantas Polri.

Penerapan sistem ETLE sangat efektif mengurangi pelanggar lalu lintas. Namun tetap harus diiringi kesadaran pengendara untuk bertindak tertib.

Jenderal Bintang Dua tersebut juga menyampaikan, bahwa dalam hal ini perlu ada kajian lebih lanjut untuk setiap daerah terhadap ETLE berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya.

“Sebisa mungkin tahun ini para Dirlantas melakukan pengkajian mengenai ETLE di Polda Metro Jaya sehingga mengetahui apa saja yang harus dipaparkan saat berkoordinasi dengan pemerintah daerah,” jelasnya.

Untuk diketahui, sistem ETLE sudah diterapkan diberbagai negara di belahan dunia seperti Australia, Belgia, Kanada, Denmark, Perancis, Jerman, Hungaria, Pakistan, Arab Saudi, Swedia, Turki, Ukrania, serta Inggris.

Hanya saja istilah yang digunakan ialah Automatic number-plate recognition

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Hendra

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa