Ternyata Ganti Oli Mesin Xpander Juga Wajib Ganti Part Ini, Kenapa?

Radityo Herdianto - Jumat, 18 Oktober 2019 | 19:00 WIB
Mitsubishi Xpander W7 Carsmetic dengan body kit terbaru
Aditya Pradifta
Mitsubishi Xpander W7 Carsmetic dengan body kit terbaru

GridOto.com - Mesin Mitsubishi Xpander menggunakan oli mesin jenis encer, yaitu dengan viskositas 0W-20.

Oli jenis encer ini dipakai di Mitsubishi Xpander karena mesin mobil ini memiliki jarak antar komponen yang cukup rapat.

Untuk itu jangan lupa melakukan penggantian oli mesin Mitsubishi Xpander secara rutin dalam jangka waktu yang direkomendasikan pabrikan.

Tetapi jangan lupa kalau ganti oli mesin wajib juga lakukan penggantian part filter oli.

"Filter oli itu kan tujuannya menyaring serpihan atau kotoran kerak dari dalam mesin yang terbawa oli," buka Faroni, Service Advisor Mitsubishi Dipo Slipi kepada GridOto.com.

Mesin Mitsubishi Xpander
Radityo Herdianto
Mesin Mitsubishi Xpander

(Baca Juga: Tabung Reservoir Mitsubishi Xpander Bocor, Begini Cara Cegahnya)

Kotoran tersebut berasal dari gesekan antar komponen di dalam mesin saat sedang bekerja yang menjadi kerak ketika mengendap.

Seiring pemakaian daya lubrikasi senyawa oli akan berkurang sehingga gesekkan antar mesin semakin besar dan menghasilkan jumlah kotoran yang banyak juga.

"Kalau ganti oli tanpa ganti filter oli dikhawatirkan kotoran dari filter akan tersirkulasi kembali ke dalam mesin," ujar Faroni.

Hal ini bisa terjadi karena kotoran yang mengendap di dalam filter oli sudah mencapai batas maksimal kapasitas daya saring.

"Oli baru lebih cepat kotor dan ikut tergesek komponen mesin jadi bisa baret atau cepat aus, apalagi mesin Xpander itu antar komponennya sangat rapat," jelas Faroni.

Editor : Dwi Wahyu R.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X