Pembangunan Tol Demak-Tuban Sudah Dapat Lampu Hijau, Bakal Nyambung Sampai Surabaya?

Latifa Alfira Ulya - Jumat, 11 Oktober 2019 | 10:05 WIB
Ilustrasi jalan tol
PT Jasamarga Solo Ngawi
Ilustrasi jalan tol

GridOto.com - Saat ini pemerintah sedang gencar melakukan pembangunan jalan tol, salah satunya yang direncanakan adalah Tol Demak-Tuban.

Melansir dari Kontan.co.id, Pemerintah telah memberikan lampu hijau kepada PT Jasa Marga untuk melakukan pra studi kelayakan Tol Demak-Tuban.

Jalan berbayar di wilayah utara Jawa Timur ini merupakan lanjutan dari proyek Tol Semarang-Demak yang pengerjaannya sudah lebih dulu dimulai.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit mengatakan bahwa setelah dokumen pemrakarsa diserahkan ke pemerintah, tahap selanjutnya adalah menyusun studi kelayakan.

(Baca Juga: Sudah Paham Belum? Ternyata Motor Boleh Lewat Jalan Tol, Tapi Ada Syaratnya!)

Setelah itu ada sejumlah persyaratan dan dokumen lain yang harus dipenuhi, antara lain analisa mengenai dampak lingkungan (AMDAL).

Ia menargetkan, persiapan dokumen ini tidak akan memakan waktu lama sehingga dapat segera dilaksanakann tendernya.

"Kalau rencana kami sih tahun depan. Tapi kita tetap memberikan kesempatan pada mereka untuk menyiapkan dokumen-dokumennya. Mereka kan diberikan waktu sampai satu tahun maksimal," ujarnya beberapa waktu yang lalu.

Tak menutup kemungkinan, Tol Demak-Tuban ini akan dilanjutkan pembangunannya hingga ke Surabaya, disambungkan dari Tuban ke Manyar, kemudian Manyar ke Surabaya.

(Baca Juga: ETLE di Jalan Tol Punya Fitur Mendeteksi Kecepatan, Begini Cara Kerjanya)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Eka Budhiansyah
Sumber : Kontan.co.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa