Mau Bermotor di Dataran Tinggi, Ini Persiapan Fisik yang Perlu Dilakukan

Muhammad Farhan - Jumat, 4 Oktober 2019 | 17:40 WIB
Darius Sinathrya dan Donna Agnesia mengendarai Royal Enfield Himalayan.
Darius Sinathrya dan Donna Agnesia mengendarai Royal Enfield Himalayan.

GridOto.com – Tertarik bermotor di dataran tinggi atau area pegunungan? Ini persiapan fisik yang perlu dilakukan agar aman di perjalanan.

Secara umum, persiapan fisik memang diperlukan bagi setiap pemotor yang ingin melakukan turing atau bermotor jarak jauh.

Salah satu biker Indonesia ini berbagi pengalaman mengenai perjalanan yang dilalui menuju salah satu titik tertinggi di pegunungan Himalaya.

“Dengan ketinggian sekitar 5000 mdpl, saya dan rombongan pemotor asal Indonesia di acara Royal Enfield Moto Himalaya 2019 berhasil mencapai daerah Khardung La di India,” ungkap Didi Yulistian, peserta dari Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) di Pejaten, Jakarta Selatan.

(Baca Juga: Inilah Efek Area CVT Kurang Diberi Gemuk, V-Belt Bisa Putus!)

Menggunakan motor Royal Enfield Himalayan, seluruh peserta berangkat dari Indonesia ke India untuk mencapai daerah tersebut.

Untuk persiapan secara fisik sendiri, ia mengakui punya tips tersendiri bagi pengendara yang ingin bermotor ke daerah dataran tinggi.

Peserta acara Royal Enfield Moto Himalayan 2019
Farhan
Peserta acara Royal Enfield Moto Himalayan 2019

“Kuncinya adalah atur teknik pernapasan. Usahakan tarik napas dalam dan lepas perlahan karena kandungan oksigennya semakin tinggi semakin tipis,” jelas pria yang juga hobi menyelam tersebut.

Jika proses napas terlalu cepat dan terengah-engah, badan akan cepat terasa lemas karena kekurangan Oksigen.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa