Tinggal Colok, di Sini Letak Soket Buat Remapping ECU Standar di Motor

Muhammad Farhan - Rabu, 18 September 2019 | 09:40 WIB
Soket DLC connector di motor Honda untuk remap ECU
Farhan
Soket DLC connector di motor Honda untuk remap ECU

GridOto.com – Tinggal colok, di sini letak soket ECU di motor yang perlu disambung pakai kabel agar ECU standar dapat terhubung ke laptop untuk dapat diprogram ulang.

Terbilang baru dikalangan bikers yang hobi oprek motor, ternyata ECU standar pabrikan pun bisa disetel sesuai kebutuhan.

Meskipun perlu keahlian khusus untuk memprogramnya, proses remapping ECU standar terbilang simpel karena hanya perlu colok soketnya saja.

“ECU standar tidak perlu dilepas ataupun dibongkar dari motor. Pengerjaannya sekilas mirip seperti proses pengecekan motor saat servis rutin di bengkel resmi,” terang Wawan Setiawan, owner WMC Racing, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

(Baca Juga: Substitusi Piston Yamaha All New R15 di Yamaha NMAX, Harganya Murah!)

Berfungsi sebagai otak di motor injeksi, ECU mengatur beragam parameter seperti timing pengapian, mapping bensin, AFR (air-fuel ratio), hingga limiter rpm mesin.

Proses penyambungan antara laptop dan ECU di motor sendiri secara umum ada dua jenis, yaitu langsung dan tidak langsung.

Proses pemasangan connector dari laptop ke ECU motor untuk remapping
WMC
Proses pemasangan connector dari laptop ke ECU motor untuk remapping

“Untuk motor Honda kecuali CBR250RR disambung ke soket DLC connector yang punya ciri berwarna merah dan letaknya dekat dengan aki,” ungkapnya.

Soket tersebut biasanya juga dipakai untuk mereset ECU motor atau disambung ke diagnostic tools untuk pengecekan sistem injeksi.

(Baca Juga: Awas.. Kawasaki Ninja 150 Series Rawan Jebol Akibat Komponen Ini)

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X