Cara Cek Kebocoran Tabung Reservoir Radiator Mobil, Bisa Coba Sendiri

Radityo Herdianto - Kamis, 19 September 2019 | 10:00 WIB
Mengisi Air Radiator
Mengisi Air Radiator

GridOto.com - Meskipun jarang disentuh, tabung reservoir radiator mobil yang dirawat tentu akan menjaga kinerja sistem pendinginan mesin.

Kalau sampai terjadi kebocoran, tentu akan mengganggu sistem pendinginan mobil karena jumlah air radiator kurang dari takaran normal.

Lalu bagaimana cara cek kebocoran di tabung reservoir radiator?

"Paling mudah adalah selalu mengecek ketinggian air di dalam tabung sesuai dengan batas normal sebelum mobil dipakai atau dalam kondisi mesin dingin," buka Faroni, Service Advisor Mitsubishi Dipo Slipi kepada GridOto.com.

Jika setelah mobil dipakai, dalam kondisi mesin dingin ketinggian air turun signifikan dari batas normal, kemungkinan ada kebocoran.

Tabung Reservoir Mitsubishi Xpander
Radityo Herdianto
Tabung Reservoir Mitsubishi Xpander

(Baca Juga: Ternyata Tabung Reservoir Radiator Mobil Bisa Rusak, Ini Penyebabnya)

Barulah Anda bisa lihat ke area kolong mobil atau di sela-sela bagian bawah tabung dan lihat apakah ada bagian yang basah.

"Kalau mau lebih jelas untuk beberapa jenis mobil ada yang tabungnya mudah dicopot dengan membuka baut dudukan atau klip yang tinggal ditarik," ujar Faroni.

Setelah dicopot, isi dengan air hingga penuh dan lihat apakah ada permukaan tabung yang basah serta penurunan ketinggian air.

Kalau tabung sulit dicopot, cukup lepas tutup dan selang reservoir yang terhubung ke radiator dan isi air radiator sampai batas maksimal sebagai penanda ketinggian air.

"Kalau turun ya berarti ada kebocoran di tabung, meskipun tidak terlihat bisa jadi bocor halus," lanjut Faroni.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa