Mantan Petinggi Ducati Bocorkan Kenapa Tim MotoGP Pakai Swingarm Carbon

Mohammad Nurul Hidayah - Jumat, 13 September 2019 | 20:50 WIB
Tim Ducati MotoGP menggunakan swingarm berbahan carbon sejak tahun 2009
MotoGP
Tim Ducati MotoGP menggunakan swingarm berbahan carbon sejak tahun 2009

GridOto.com - Corrado Cecchinelli, mantan Wakil Direktur Ducati Corse bocorkan kenapa beberapa tim MotoGP menggunakan swingarm berbahan carbon.

Menurut Corrado yang saat ini menjabat sebagai Direktur Teknik di MotoGP, ada beberapa keuntungan yang bisa didapat saat gunakan swingarm carbon.

"Keuntungan utamanya, tim bisa mendapatkan kekakuan swingarm yang tidak bisa didapatkan jika pakai swingarm berbahan aluminium," ujar Corrado dilansir dari crash.net.

Corrado menuturkan, kekakuan pada swingarm yang dimaksud bukan kekakuan swingarm secara keseluruhan.

(Baca Juga: Pakai Sokbreker Depan Ini, Yamaha RX-King Lebih Stabil Diajak Nikung!)

"Karena pada swingarm tidak semua bagian dibuat kaku. Ada beberapa bagian yang didesain sedikit lebih fleksibel untuk membantu redaman pada motor saat bermanuver," tambah Corrado yang terlibat membuat swingarm carbon di tim pabrikan Ducati MotoGP pada tahun 2009.

Nah, membuat swingarm dengan bahan aluminium lebih sulit untuk menentukan kekakuan atau kelenturan seperti yang diinginkan di setiap bagian.

"Pada aluminium, membuat bagian yang lebih lentur membuat aluminium menjadi terlalu tipis dan rawan pecah. Sedangkan pada swingarm carbon, insinyur lebih leluasa mengatur lembaran serat carbon untuk menentukan kekakuan seperti yang diinginkan. Jadi setiap bagian bisa berbeda kekakuan dan kelenturannya," tambahnya.

(Baca Juga: Terbongkar! Ducati Punya Fitur Rahasia Agar Menang Saat Start MotoGP)

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa