Mengintip Proses Pengecekan Motor Baru di Dealer, Begini Tahapannya

Muhammad Farhan - Selasa, 10 September 2019 | 18:15 WIB
Ilustrasi pengecekan motor baru
AHM
Ilustrasi pengecekan motor baru

GridOto.com – Mengintip proses pengecekan motor baru di dealer salah satu pabrikan, begini tahapan yang dilakukan sebelum dikirim ke konsumen.

Setelah proses perakitan selesai, ada serangkaian pengujian yang dilakukan di pabrik sebelum motor didistribusikan ke dealer.

Meskipun sudah lolos pengetesan, ada beberapa hal yang perlu dicek kembali oleh dealer hingga akhirnya diserahkan ke pengguna.

“Tujuannya untuk memastikan bahwa kondisi motor tetap dalam kondisi baik saat proses pengiriman hingga sampai ke dealer,” terang Nasir, staf Pre-Delivery Inspection AHASS Wahana Ciputat, Tangerang Selatan.

(Baca Juga: Pasang Cover Body Carbon di Honda ADV150, Ini Rincian Harganya)

Mirip seperti saat servis rutin, pengecekan yang dilakukan meliputi cek fisik, kelengkapan serta fungsi motor secara menyeluruh.

Dalam melakukan proses tersebut pun ada pedomannya dan motor perlu memenuhi semua persyaratan sebelum dikirim ke konsumen.

Ilustrasi proses pengecekan motor baru di dealer
Farhan
Ilustrasi proses pengecekan motor baru di dealer

“Secara umum ada tiga tahapan, yaitu pengecekan umum, pengecekan sistem injeksi dan pengecekan sistem pendingin radiator jika ada,” lengkapnya.

Untuk pengecekan umum berupa kelengkapan unit, kondisi fisik, pasang aki dan spion, kekencangan mur baut, pengereman, oli dan kondisi mesin, transmisi cvt matic, fungsi dan fitur elektronik, lampu serta pengisian bbm.

(Baca Juga: Baru Tahu, Cara Ini Bisa Bersihkan Memori ECU di Motor Honda)

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X