Street Manners: Selain Aneh, Memakai Jaket Terbalik Bisa Membahayakan!

Naufal Shafly - Jumat, 6 September 2019 | 11:23 WIB
Ilustrasi pengendara motor menggunakan jaket terbalik
Vedhit/GridOto.com
Ilustrasi pengendara motor menggunakan jaket terbalik

GridOto.com - Siapa di sini yang sering berkendara dengan menggunakan jaket terbalik? Kalau iya, tolong berhenti ya sob!

Alasannya, menggunakan jaket terbalik ternyata bukan hanya terlihat aneh, tetapi juga bisa membahayakan diri sendiri.

Menurut Bintarto Agung, Presiden Direktur Indonesia Defensive Driving Consulting (IDDC), memakai jaket secara terbalik bisa membuat gerakan pengendara tidak leluasa.

"Kalau dilihat dari cara memakainya, jelas tidak sepatutnya karena dipakai dengan cara terbalik," jelas Bintarto saat dihubungi GridOto.com.

(Baca Juga: Street Manners: Sadari Fungsi Bahu Jalan Tol yang Seharusnya Bukan untuk Mendahului!)

"Tentunya menggunakan jaket seperti itu dapat meningkatkan risiko berkendara, karena berpengaruh pada kemampuan refleks dan respons motorik pengendara," sambungnya.

Lebih lanjut, Bintarto menjelaskan pengguna motor harus menggunakan safety riding gears yang sesuai untuk menunjang keselamatan.

"Pengendara harus memakai Helm SNI/Snell/DOT, jaket dengan body protector, full fingered glove, celana panjang bahan leather atau frictionproof, dan sepatu yang menutup mata kaki," imbuhnya.

Yang lebih penting lagi menurutnya adalah mental berkendara seperti menaati aturan lalu lintas, dan tidak arogan di jalan.

Editor : Fendi

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X