Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kementerian PUPR Bakal Sulap Rest Area Jadi Destinasi Wisata, Khususnya Daerah Ini

M. Adam Samudra - Kamis, 5 September 2019 | 07:43 WIB
Ilustrasi rest area mudik 2018
Jasa Marga
Ilustrasi rest area mudik 2018

GridOto.com - Badan Pengatur Jalan Tol menilai akan segera menghadirkan objek wisata di tempat istirahat (rest area) khususnya di daerah Jawa Tengah.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit menilai, nantinya rest area tersebut akan memiliki beberapa katagori, yakni kawasan transit antarmoda, kawasan terintegrasi dengan industri dan destinasi wisata.

Ia mengatakan, keberadaan rest area menjadi bagian dari standar pelayanan jalan tol yang sangat penting dalam mendukung aspek keselamatan dan kenyamanan berkendara di Tol. 

"Perkembangan rest area tinggal dikembangakan dan di investasikan. Di beberapa tempat memang kita akan tambah, terutama di Jawa Tengah itu masih cukup banyak tempat yang masih temporary, di Sumatera juga," kata Danang di Bandung, Rabu (4/9/2019).

(Baca Juga: Belum Banyak Yang Tahu, Ini Loh Mobil yang Dipakai Menteri PUPR Saat Resmikan Jembatan di Timor Leste)

"Jadi kita dorong investor kesana. Sementara untuk rest area destinasi kemudian kawasan transit antarmoda dan kawasan yang terintegrasi dengan kawasan industri itu masih menunggu peraturan menteri. Harapan kami Permennya selesai," sambung dia.

Ia mengaku sudah berdiskusi dengan para asosiasi pengeloa rest area seluruh Indonesia untuk menciptakan rest area yang luar biasa, di mana bukan hanya sekadar ekonomi biasa.

(Baca Juga: Jalan Pintu Masuk Tol Lampung Rusak Parah, PUPR Lampung Ogah Perbaiki)

"Misalnya brand lokal seperti Tahu Sumedang itu bisa saja dikembangkan sebagai brand lokal," ucapnya.

"Karena takutnya kalau sifatnya hanya UKM tanpa ada peningkatan dari kualitas prodak, ditakutkan hanya menjual mi instan dan air minum mineral dalam kemasan. Tapi jika dikemas dengan lokal brand pasti akan lebih bermanfaat," sebut Danang.

Seperti di Tol Trans Jawa ke arah Jakarta, ada rest area yang memanfaatkan bekas pabrik gula zaman Belanda, bisa jadi destinasi wisata.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa