Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Timbangan Itu Ternyata Penting Untuk Repaint Motor, Ini Kegunaannya!

Muhammad Rizqi Pradana - Rabu, 21 Agustus 2019 | 08:50 WIB
Timbangan ternyata memiliki peran penting dalam proses repaint bodi motor.
Pradana/GridOto.com
Timbangan ternyata memiliki peran penting dalam proses repaint bodi motor.

GridOto.com - Saat berkunjung ke Honda Painting Shop (HPS) di Astra Motor Center Jakarta, Cawang, Jakarta Timur, kru GridOto.com berkesempatan untuk melihat langsung ruang pengecatan milik HPS.

Di dalamnya, ada berbagai peralatan yang digunakan HPS dalam proses pengecatan mereka.

Di antaranya adalah mesin pengaduk cat, spray booth, oven, serta satu hal yang membuat kru GridOto.com heran, sebuah timbangan digital.

Meskipun kecil dibandingkan dengan alat-alat lainnya, ternyata menurut Lutfi, Painter di Honda Paint Shop Astra Motor Center Jakarta, timbangan tersebut memiliki fungsi penting.

(Baca Juga: Honda Jazz GK5 Tampil Gaya Pakai Warna Ungu, Serat Karbon Jadi Pemanis!)

“Kalau mau melakukan pengecatan kan harus mencari warna, mau warna kuning misalnya, kita timbang di sini perpaduan cat yang menghasilkan warna kuning,” jelas Lutfi kepada GridOto.com (19/8).

Ia mengumpamakan misalnya warna kuning yang diinginkan merupakan perpaduan tiga warna, takaran dari masing-masing warna akan didata dan disimpan.

“Jadi seandainya dua tahun lagi anda mau repaint karena cat sudah terlihat kusam, kamibsudah ada catatan lengkap takaran cat yang dibutuhkan,” kata Lutfi.

“Karena beda dua gram saja takarannya, warna yang dihasilkan akan berbeda, jadi (timbangan ini) sangat berpengaruh ke konsistensi warna,” pungkasnya.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa