Street Manners: Faktor-faktor Helm yang Ideal dari Pakar Safety

Muhammad Mavellyno Vedhitya - Rabu, 7 Agustus 2019 | 15:05 WIB
Ilustrasi wanita pakai helm
Ilustrasi wanita pakai helm

GridOto.com - Sebagai salah satu perangkat keamanan saat berkendara motor, helm merupakan salah satu pelindung keselamatan pengendara.

Saat membeli helm, pastikan helm tersebut memiliki standar khusus yang dikeluarkan oleh lembaga tertentu untuk yang memiliki logo SNI (Standar Nasional Indonesia).

Logo SNI pada helm menunjukkan bahwa helm yang kamu beli merupakan produk legal dan jelas kualitasnya dalam melindungi kepala.

Jusri Pulubuhu, selaku Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) menjelaskan perihal helm yang ideal.

(Baca Juga: Street Manners: Lampu Mati Siang Hari? Siapkan Uang Segini Saat Ditilang)

"Helm yang ideal itu punya batas-batas penggunaanya sebagaimana rekomendasi yang ada, seperti DOT dan SNI," ujarnya saat dihubungi GridOto.com, Rabu (7/8/2019).

Tes produksi helm juga menjadi salah satu faktor helm yang ideal.

Dari sisi safety, kekuatan helm terhadap benturan dan kekuatan strapnya menjadi faktor apakah helm itu ideal atau tidak.

"Dari produksinya sendiri itu melalui salah satu proses tes, baik impact terhadap benturan, angin, kekuatan daripada Chin strapnya dan lain-lain," katanya.

(Baca Juga: Street Manners: Jangan Panik! Lakukan Ini saat Terjadi Rem Blong)

Proses pengecetan helm juga menjadi faktor helm itu ideal atau tidak.

Karena bahan kimia yang terdapat pada cat dapat mempengaruhi kualitas daripada struktur bagian luar helm.

"Bahkan proses pengecetan helm pun terkait dengan kimia yang dapat merubah struktur daripada outer helm, itu ada ketentuan dan batasannya. Begitulah helm yang sudah diproduksi sedemikan rupa," tutupnya.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa