Pencapaian Ekspor Mitsubishi Xpander Ungguli Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga

Muhammad Ermiel Zulfikar - Selasa, 6 Agustus 2019 | 18:10 WIB
Mitsubishi Xpander resmi diekspor ke beberapa negara di dunia
Dio / GridOto.com
Mitsubishi Xpander resmi diekspor ke beberapa negara di dunia

GridOto.com - Mitsubishi Xpander berhasil mengungguli dua rival terberatnya yakni Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga dalam hal ekspor di semester pertama 2019.

Mengacu data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), performa ekspor low-MPV andalan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) di semester pertama 2019 mencapai 24.356 unit.

Sementara Toyota Avanza harus mengakui keunggulan rival terberatnya tersebut, dengan perolehan angka ekspor sebanyak 13.596 unit.

(Baca Juga: Mitsubishi Xpander Siap Tebar Pesona ke-8 Negara Tujuan Ekspor Baru, Salah Satunya di Amerika Latin) 

Padahal penjualan Toyota Avanza di dalam negeri lebih banyak dengan menorehkan angka sebanyak 39.816 unit, ketimbang Xpander yang hanya mencatatkan angka penjualan sebesar 32.652 unit.

Menempel di bawahnya ada Ertiga yang menempati posisi ketiga, yang juga sedang didorong ekspornya oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dengan perolehan angka pegiriman sebesar 9.742 unit.

Grafik perfoma ekspor Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga di semester I 2019 (diolah dari data Gaikindo).
Muhammad Ermiel Zulfikar/GridOto.com
Grafik perfoma ekspor Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga di semester I 2019 (diolah dari data Gaikindo).

Menjadikan Indonesia sebagai basis produksi Xpander, merek asal Jepang itu kabarnya menargetkan sekitar 50 ribu unit yang akan di ekspor untuk tahun ini.

Low MPV yang fenomenal sejak kelahirannya di 2017 lalu itu akan dikirimkan ke beberapa negara lain, seperti Filipina, Vietnam, Thailand, Bolivia, Bangladesh, Sri Lanka, Kamboja dan Peru.

(Baca Juga: Avanza Tumbangkan Xpander, Ini Dia Rapor Penjualan LMPV Semester I 2019) 

"Sekarang kan sudah 12 negara termasuk Indonesia, kedepannya akan tambah lagi 8 negara baru (tujuan ekspor). Banyaknya di kawasan Amerika Latin sama Asia, jadi total 20 negara," papar Imam Choeru Cahya, selaku Head of Sales & Marketing Group MMKSI saat ditemui beberapa waktu lalu di ajang GIIAS 2019.

"Dengan total ekspor dari Indonesia targetnya di fiscal year 2019 ini 50.000 unit, harapannya," tutupnya.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X