Ganjil Genap Motor Hanya Efektif Untuk Jangka Pendek

M. Adam Samudra - Sabtu, 3 Agustus 2019 | 10:05 WIB
Informasi perluasan beredar di WA Group
Istimewa
Informasi perluasan beredar di WA Group

GridOto.com - Hingga kini pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengkaji pemberlakuan sistem pembatasan kendaraan berdasarkan nomor polisi ganjil dan genap untuk sepeda motor.

Banyaknya pengguna sepeda motor berimbas pada meningkatnya sumber polusi udara yang berasal dari kendaraan bermotor.

Menanggapi hal ini, Pemerhati masalah Transportasi Budiyanto menyarankan agar ganjil genap untuk sepeda motor sejatinya hanya untuk jangka pendek.

"Hal yang perlu menjadi pertimbangan adalah bahwa kebijakan ganjil- genap hanya untuk jangka pendek," kata Budiyanto kepada GridOto.com, Sabtu (3/8/2019).

(Baca Juga: Soal Beredarnya Lokasi Perluasan Jalur Ganjil Genap, Dishub Jakarta Bilang Begini)

"Kalau jangka panjang tidak akan efektif karena populasinya akan bertambah terus seiring dengan perkembangan kendaraaan bermotor lainya," sambung dia.

Dalam regulasi Undang- Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) dan Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun 2011 tentang management, rekayasa dan kebutuhan lalu lintas bahwa pembatasan lalu lintas diperbolehkan pada kawasan tertentu, waktu dan jalan tertentu.

"Baik itu kendaraan perseorangan, kendaraan barang ,sepeda motor dan sebagainya," paparnya.

Mantan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya ini mengatakan, yang perlu diperhatikan adalah bahwa sepeda motor penggunanya cukup banyak dari semua strata masyarakat.

(Baca Juga: Polisi Sebut Viralnya Aturan Ganjil - Genap Selama 15 Jam Hanya Hoax)

Untuk itu, lanjut dia perlu adanya pengkajian yang mendalam baik dari aspek sosial, ekonomi, keamanan dan penguatan aspek hukum serta aspek-aspek kelalulintasan.

"Mengapa dari aspek keamanan perlu dikaji, karena populasinya cukup tinggi sehingga resistensi yang berkaitan dengan masalah keamananpun relatif tinggi juga," tutupnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Hendra

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa