Polusi Meningkat, DLH Cimahi Uji Emisi Kendaraan, Berikut Standar Emisinya

Harun Rasyid - Selasa, 16 Juli 2019 | 21:15 WIB
Petugas dari DLH saat melakukan uji Emisi Kendaraan di Kota Cimahi
Tribunjabar.co.id
Petugas dari DLH saat melakukan uji Emisi Kendaraan di Kota Cimahi

GridOto.com - Demi mengetahui kadar gas buang kendaraan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Cimahi lakukan uji emisi kendaraan roda empat di Jalan Gedong Empat, Kota Cimahi, Jawa Barat, Selasa (16/7/2019).

Setiap mobil yang melewati jalan tersebut diberhentikan petugas DLH, terlebih mobil angkutan barang seperti truk atau mobil pick up.

Petugas juga memeriksa tahun pembuatan mobil dengan cara melihat STNK kendaraan dan dilanjutkan dengan menguji emisi menggunakan alat opacity smoke meter.

Alat tersebut bekerja dengan cara dimasukan ke dalam knalpot kendaraan, ketika alat dinyalakan pengemudi harus menginjak gas diposisi transmisi netral.

Baca Juga: Pemda DKI Berharap Bengkel Otomotif Bisa Melayani Uji Emisi Kendaraan

Dilansir dari Tribunjabar.co.id, Kepala Bidang Penataan Hukum Lingkungan Hidup DLH Kota Cimahi, Yani Rijaningsih, mengatakan, uji emisi dilakukan karena kendaraan menyumbang polusi udara dari emisi gas buangnya.

"Untuk mengetahui kadar emisi udara dari gas buang kendaraan karena Kota Cimahi sekarang sudah penuh dengan kendaraan bermotor," ujar Yani.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Eka Budhiansyah
Sumber : Tribunjabar.co.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa