Libur Lebaran Mau ke Solo? Simak Rekayasa Lalu Lintasnya Biar Enggak Kesasar

Naufal Nur Aziz Effendi - Rabu, 29 Mei 2019 | 10:20 WIB
Lalu lintas Kota Solo.
Tribun Jateng
Lalu lintas Kota Solo.

GridOto.com - Menjelang libur Lebaran 2019, Satlantas Polresta Solo membagikan rencana pengaturan arus lalu lintas bagi pemudik dan masyarakat di Solo, Jawa Tengah.

Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Busroni menyampaikan, pihaknya akan mendirikan tiga pos pengamanan (pospam) arus lalu lintas untuk membantu pemudik dan masyarakat pada titik-titik rawan kemacetan.

Pospam akan didirikan di anataranya di Palang Joglo, kawasan exit Tol Gondang Rejo (Kecamatan Banjarsari), kemudian di Banyuanyar di kawasan exit Tol Klodran (Kecamatan Banjarsari), dan Pospam Pusat Grosir Solo (PGS) di kawasan Gladag (Kecamatan Pasar Kliwon).

"Satu pospam yakni di Palang Joglo adalah yang paling besar dan terlengkap, karena di sana diprediksi pusat kemacetan pada arus mudik Lebaran tahun ini," tukasnya, dilansir TribunSolo.com.

(Baca Juga: ASN Solo Boleh Pakai Mobil Dinas untuk Mudik, Ternyata Ini Alasannya)

Lebih lanjut ia menambhakan, di Pospam Palang Joglo dilengkapi fasilitas Pusat Pengendali Lalu Lintas Nsional atau NTMC Polri hingga video conference.

"Kami bisa memantau secara real time, misalnya pergerakan kendaraan dari Jabar yang akan masuk ke Jateng," ujarnya.

"Soalnya exit tol Gondang Rejo di Palang Joglo itu fungsional, diprediksi lonjakan kendaraan dari sana," tambahnya.

Berikut rekayasa lalu lintas dan petunjuknya:

1. Pemudik yang melewati Jalan Slamet Riyadi tujuan Karanganyar, Sukoharjo dan Wonogiri diarahkan via Sriwedari-Tipes-Tanunganom, karena kawasan Gladag padat merayap ada proyek pengerjaan koridor Jensud.

2. Masyarakat yang akan ke PGS, Pasar Klewer dan Benteng sebaiknya mencari kantong parkir sehingga bisa berjalan kaki, karena kawasan Gladag akan padat merayap.

3. Jika volume kendaraan di kawasan Palang Joglo padat, kendaraan yang menuju Karanganyar dan Sukoharjo akan dialihakan.

4. Jika volume kendaraan dari arah Klodran meningkat, akan dialihkan ke kawasan Masjid Mujahidin via Jalan Letjend Suprapto.

Artikel ini telah tayang di Tribunsolo.com dengan judul Simak Info Rekayasa Lalu Lintas bagi Pemudik dan Masyarakat di Solo

Editor : Dida Argadea
Sumber : Tribunsolo.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X