Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jelang Mudik Lebaran, Dishub Sumut Lakukan Ini ke Kendaraan Umum

Latifa Alfira Ulya - Senin, 27 Mei 2019 | 21:21 WIB
Menjelang musim mudik lebaran, Dishub Sumatera Utara menggelar pemeriksaan kendaraan di Terminal Kabanjahe, Minggu (26/5/2019).
Menjelang musim mudik lebaran, Dishub Sumatera Utara menggelar pemeriksaan kendaraan di Terminal Kabanjahe, Minggu (26/5/2019).

GridOto.com - Menjelang musim mudik lebaran 2019, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumatera Utara menggelar inspeksi keselamatan (Ramp Check) di Terminal Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Minggu (26/5/2019).

Melansir dari Tribun-Medan.com, hal ini dilakukan dalam rangka memastikan seluruh kendaraan layak untuk mengangkut para pemudik.

Menurut Kepala Unit Pelayanan Terpadu Pengelolaan Sarana dan Prasarana Perhubungan (UPT PSPP) Kabanjahe, Dameria Tampubolon, pengecekan ini akan dilakukan hingga tanggal 10 Juni 2019 mendatang.

"Pengecekan ini kita lakukan untuk antisipasi kendaraan lebaran, terutama yang berjenis Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Selain di sini, nanti pemeriksaan juga kita lakukan ke tiga kabupaten lainnya, sperti Dairi, Pakpak Bharat, dan Samosir," ujar Dameria, Minggu (26/5/2019).

(Baca Juga: Jangan Dipaksa, Ini Durasi Maksimal Berkendara Saat Mudik Lebaran)

Dameria menambahkan, terdapat tiga tahap yang menjadi poin penting pada Ramp Check ini yaitu unsur teknis, administrasi, dan pendukung.

Unsur teknis meliputi kelengkapan kendaraan sesuai standar yang telah ditentukan seperti keadaan dan fungsi ban, rem, lampu utama, lampu sein, dan lampu rem.

Sedangkan unsur administrasi, pihaknya memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan seperti STNK dan SIM supir, hingga kartu pengujian kendaraan secara berkala (Kir).

Sementara unsur pendukung meliputi petunjuk kecepatan laju kendaraan, sistem pembersih kaca (wiper), sabuk pengaman, hingga klakson.

(Baca Juga: Tips Mudik Lebaran, Pengecekan Rem Sebelum Mudik Wajib Hukumnya)

"Bagi kendaraan yang tidak lulus Ramp Check, tidak akan kasih kita rekomendasi untuk jalan, sebelum pemilik melengkapi unsur-unsur yang kita tetapkan. Kalau mereka memaksa untuk jalan dengan kondisi seperti itu, maka resiko di jalan akan menjadi tanggung jawab mereka," ucap Dameria.

Dameria juga mengungkapkan bahwa meskipun beberapa kendaraan sudah memenuhi unsur teknis hampir 50 persen, namun ternayata masih banyak juga kendaraan yang masih belum sadar tentang kelengkapan unsur administrasi.

Untuk itu dirinya berpesan pada para pemudik agar senantiasa bijak dalam memilih kendaraan umum, terutama diarahkan untuk menggunakan kendaraan umum yang telah diuji dengan ditandai stiker layak jalan dari Dishub.

Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul Jelang Lebaran, Dinas Perhubungan Sumut Gelar Ramp Check di Terminal Kabanjahe,

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa