Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Wah... Truk Tanpa Sopir Mulai Berkeliaran di Jalan Amerika Serikat!

Dia Saputra - Kamis, 23 Mei 2019 | 17:40 WIB
Navistar Senior Vice President Dennis Mooney gets out of a Navistar LT Series truck at the Navistar Proving Grounds in New Carlisle
JIM YOUNG
Navistar Senior Vice President Dennis Mooney gets out of a Navistar LT Series truck at the Navistar Proving Grounds in New Carlisle

GridOto.com - Truk tanpa sopir mulai di uji jalan di Amerika Serikat (AS) pada hari Selasa (21/05/2019) tes pengangkutan surat selama dua minggu di tiga negara bagian Barat Daya.

Upaya ini merupakan langkah maju dalam mengkomersialkan teknologi kendaraan otonom untuk mengangkut barang.

Startup yang berbasis di San Diego, TuSimple mengatakan truk-truk akan mulai mengangkut surat antara fasilitas USPS di Phoenix dan Dallas untuk melihat bagaimana Teknologi ini meningkatkan waktu dan biaya pengiriman.

Meskipun truk POS AS ini dijuluki tanpa sopir namun ada seorang pengemudi keselamatan dan mekanik akan duduk di belakang kemudi untuk campur tangan jika dibutuhkan.

Jika ujicoba ini berhasil maka akan menandai pencapaian industri penggerak otonom dan solusi bagi perusahaan yang kekurangan pengemudi.

(Baca Juga: Truk Tronton Rebahan Usai Tabrak Tiang Listrik dan Berakhir Hantam Rumah Warga)

Truk ini akan memulai perjalanan lima rute pulang pergi masing-masing berjumlah lebih dari 3.380 km atau sekitar 45 jam berkendara.

Namun belum dipastikan apakah pengiriman barang tanpa supir akan berlanjut setelah melakukan ujicoba ini.

“Pekerjaan dengan TuSimple adalah inisiatif pertama kami dalam transportasi jarak jauh yang otonom,” kata Kim Frum juru bicara USPS dikutip dari Reuters Selasa (21/05/2019)

penelitian dan pengujian ini merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk mengoperasikan kendaraan masa depan yang akan menggabungkan teknologi baru.

TuSimple dan USPS menolak mengungkapkan biaya program, tetapi Frum mengatakan tidak ada uang pajak yang digunakan.

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Truk tanpa sopir memulai jalani tes pengiriman surat untuk Layanan Pos di AS

Editor : Eka Budhiansyah
Sumber : Kontan.co.id

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa