AHM Akan Fokus Produksi Skutik Hingga 90%, Bagaimana Nasib Motor Bebek dan Sport?

Harun Rasyid - Kamis, 23 Mei 2019 | 10:00 WIB
Salah satu model motor bebek produksi Astra Honda Motor (AHM).
jogja.tribunnews.com
Salah satu model motor bebek produksi Astra Honda Motor (AHM).

GridOto.com - Melihat perkembangan model motor saat ini, motor skuter matic atau skutik menjadi yang terdepan untuk urusan penjualan.

Masyarakat terutama yang tinggal di kota besar kini lebih menyukai motor matic ketimbang motor jenis bebek atau motor sport.

Karena permintaannya lebih banyak, akhirnya beberapa produsen motor lebih mengutamakan produksi motor tanpa kopling tersebut.

Hal ini dibenarkan oleh Thomas Wijaya selaku Direktur Marketing Astra Honda Motor (AHM) yang menyatakan tahun 2018 lalu penjualan motor bebek Honda kalah jauh dibanding skutik.

"Tahun ini motor bebek turun menjadi 5-6% kemudian motor sport 5%, sementara skutik itu berkontribusi 90%," ujar Thomas Senin (20/5/2019) lalu. 

(Baca Juga: Dipajang Terus! Honda Monkey Tak Kunjung Dijual AHM di Indonesia)

Melihat fenomena ini, akankah dalam beberapa tahun ke depan motor bebek yang kini kurang diminati tidak beredar lagi dipasar otomotif roda dua?

Thomas menjelaskan, di Jakarta sendiri memang penjualan motor bebek dan sport sedang turun.

Namun di daerah seperti Jawa Barat dan Jawa Timur motor bebek masih banyak diminati.

Sedangkan motor sport pasarnya disebutkan lebih segmented.

"AHM akan melihat kebutuhan konsumen dalam jumlah produksi motornya, karena saat ini skutik sudah mendominasi pasar, AHM menyatakan 90% produksi motornya fokus di motor matic" ungkap Thomas.

Editor : Dida Argadea

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa