Tips Mudik 2019, Pahami Cara Memegang Setir yang Baik dan Benar

Radityo Herdianto - Senin, 3 Juni 2019 | 10:00 WIB
Mengatur setir sebelum melakukan perjalanan Ekspedisi Tol Trans Jawa
Radityo Herdianto/GridOto.com
Mengatur setir sebelum melakukan perjalanan Ekspedisi Tol Trans Jawa

GridOto.com-Jika Anda hendak melakukan perjalanan mudik dengan mobil, pastikan mengatur posisi mengemudi yang paling optimal.

Tentu melakukan perjalanan mudik yang cukup jauh dan lama memerlukan posisi mengemudi yang nyaman namun tetap aman.

Salah satunya adalah teknik memegang setir yang benar saat perjalanan mudik.

"Hal paling dasar adalah posisi jarak tangan dengan setir tidak terlalu jauh atau dekat agar pergerakan tangan pada setir tidak terbatas," buka Jusri Pulubuhu, founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) kepada GridOto.com.

Sudut tekuk siku tangan sebagai ukuran jarak posisi duduk dengan setir adalah 20 sampai 35 derajat sehingga Anda masih bisa bermanuver dengan mudah.

tips mudik lebaran, mengemudi saat mudik
Ryan/GridOto.com
tips mudik lebaran, mengemudi saat mudik

(Baca Juga: Mau Pasang Setir Mobil Copotan? Ini Tipsnya)

Hal utama yang perlu diperhatikan ketika memegang lingkar setir adalah bagian telapak tangan harus diposisikan pada bagian luar setir dan posisi tangan harus sejajar pada poros garis lurus.

Tangan kiri di sekitar posisi jarum jam 9 dan tangan kanan di sekitar posisi jarum jam 3, posisi jempol tangan diletakkan di batang lingkar setir.

"Untuk lingkar setir berukuran 14 inci, posisi tangan kiri berada di jarum jam 9 sampai 10 serta tangan kanan pada posisi jarum jam 2 sampai 3," jelas Jusri.

Semakin besar lingkar setir, posisi tangan semakin ke area bawah lingkar setir dengan tetap mempertahankan posisi poros lurus antara tangan kiri dan kanan.

Editor : Dwi Wahyu R.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X