Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Enggak Cuma Bangunan, Sekarang Atap Hijau Sudah Ditemui di Bus

Ilham Fariq M - Senin, 6 Mei 2019 | 18:21 WIB
Sekarang ada inovasi atap hijau dipasang di bus
Facebook.com/ Singapore Green Building Council
Sekarang ada inovasi atap hijau dipasang di bus

GridOto.com - Inovasi atap hijau umumnya ditemui pada bangunan, seperti rumah atau gedung pencakar langit, tetapi ternyata atap hijau sudah mulai difungsikan pada atap bus untuk mengurangi panas dalam ruangan.

Inovasi ini dilakukan di Singapura dan disebut-sebut sebagai yang pertama di Asia, diluncurkan pada Minggu (5/5/2019) kemarin.

Inovasi ini merupakan penelitian yang dicetuskan oleh spesialis penghijauan kota GWS Living Art.

"Bagi saya, kota-kota harus hidup berdampingan dengan alam. Melalui proyek ini, kami berharap dapat meningkatkan kesadaran tentang betapa 'atap hijau' penting di sebuah kota," ujar founder GWS Living Art, Zac Toh.

(Baca Juga : Sekali Ngecas Baterai, Segini Jarak Tempuh Bus Listrik Transjakarta)

Bus dengan atap hijau tersebut mengangkut pengunjung dari dan ke stasiun MRT Chinese Garden dan Lakeside Garden, di mana acara Singapore Garden Festival Horticulture Show diadakan.

"Yang istimewa dalam hal ini adalah atap hijau ini ada di atas bus. Biasanya, kita memiliki atap hijau pada bangunan," ucap penasihat studi dari National University of Singapore, Terrence Tan.

Dia menambahkan, berdasarkan penelitian sebelumnya pada bangunan, inovasi ini dapat mengurangi suhu hingga 20 sampai 30 derajat celcius saat cuaca panas.

Penelitian ini akan dijalankan selama tiga bulan ke depan untuk mengetahui apakah penempatan atap hijau dapat memengaruhi suhu di dalam ruangan.

(Baca Juga : Bus Listrik Transjakarta Sekali Charging Sampai 4 Jam, Ada Biaya Tarif Listriknya Gak?)

Editor : Fendi
Sumber : Kompas.com,Strait Times

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa