Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Biaya Sertifikasi SNI Dinilai Kemahalan, PERDIPPI Pertanyakan Proses dan Keabsahan LSPro Pelumas

Muhammad Ermiel Zulfikar - Selasa, 23 April 2019 | 17:14 WIB
Ilustrasi Pelumas
Istimewa
Ilustrasi Pelumas

GridOto.com - Perhimpunan Distributor Importir dan Produsen Pelumas Indonesia (PERDIPPI) mempertanyakan legalitas Standar Nasional Indonesia (SNI) yang diterbitkan oleh Lembaga Sertifikasi Produk (LSPro).

Pasalnya, untuk mendapatkan sertifikasi itu biaya yang harus dikeluarkan dinilai sangat mahal.

"Biaya NPT hanya berkisar Rp 5 hingga 10 juta per 5 tahun, dan sudah lengkap dengan uji fisika kimia 14 parameter," ungkap Paul Toar, selaku Ketua Dewan Penasihat PERDIPPI.

"Sedangkan untuk SNI bisa mencapai biaya lebih dari 10 kali lipatnya hanya untuk 4 tahun, dan ini menjadi sangat tidak visible untuk pelumas mesin kerja," lanjut Paul dalam siaran resmi yang dikirimkan PERDIPPI, Selasa (23/4/2019).

(Baca Juga : Deltalube Dukung Aturan SNI Pelumas, Sertifikasi Produknya Segera Terbit)

Paul menambahkan, ada beberapa ketidaksesuaian atau kejanggalan antara pelaksanaan sertifikasi tersebut dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan sektor Minyak dan Gas Bumi beserta turunannya yang berlaku.

Uji yang dilakukan oleh LSPro untuk menerbitkan izin menggunakan Tanda SNI Pelumas hanya bersifat parsial, yakni uji fisika kimia tanpa uji unjuk kerja.

Padahal, SNI Pelumas yang telah diterbitkan oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN) melalui proses panjang, yaitu dirumuskan melalui proses 2 tahunan oleh Sub Komite Teknis.

Lalu disetujui melalui Forum Konsensus Nasional yang lalu ditempatkan di website BSN untuk jajak pendapat umum, dan baru sesudah semua pihak menyetujui diterbitkan oleh BSN sebagai SNI resmi.

(Baca Juga : Aturan SNI Pelumas Terbit, Bagaimana Tanggapan PTT Lubricants?)

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa