Sudah Mangkrak 14 Tahun, Proyek Jalan Tol Dalam Kota Bandung Ditargetkan Selesai Tahun 2023

Ditta Aditya Pratama - Selasa, 12 Maret 2019 | 11:42 WIB
Proyek jalan tol dalam kota Bandung
Gani Kurniawan / Tribun Jabar
Proyek jalan tol dalam kota Bandung

GridOto.com - Demi mengatasi masalah kemacetan dan memperlancar arus transportasi, proyek tol dalam kota Bandung atau Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR) siap dikerjakan tahun ini.

Wali Kota Bandung Oded M Danial berharap pembangunan ini berjalan lancar, karena manfaatnya akan sangat terasa untuk warga Kota Bandung.

Untuk rute BIUTR ini mulai dari Tol Pasteur kemudian menyusuri jalan utama wilayah utara menyusuri Jalan Pasupati ke Jalan PHH Mustopa, melewati Cicaheum dan sejalur Jalan AH Nasoetion menuju Ujungberung.

Kemudian rute BIUTR tersebut berbelok ke arah Gedebage yang kini sudah terbangun interchange dari Tol Cileunyi di KM 149.

(Baca Juga : Street Manners: Begini Tips Ampuh Hindari Kecelakaan di Jalan Tol)

"Saya berharap ini bisa berjalan dengan baik. Apalagi kalau saya merunut ke belakang, program BIUTR ini sudah dari 2005. Saya satu tahun di dewan sudah digulirkan. Karena Wijaya Karya (pengembang) sudah keliling bangun kemana-kemana, karek ayeuna (baru sekarang) di Kota Bandung," ujar Oded.

Oded mengatakan, pembangunan ini didanai oleh pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pihak swasta yaitu PT Wijaya Karya (Wika), PT Marga Utama Nusantara (MUN) dan PT Summarecon Agung (SMRA) yang tergabung dalam satu konsorsium.

"Berdasarkan paparan tadi, mudah-mudahan ini bisa berjalan lancar. Kalau dimulai 2019 ini bisa sampai tahun 2023 selesai. Panjangnya hampir sekitar 22 kilometer," ujar Oded.

Sementara itu, Tim Investasi PT Wika, Jajat Sudrajat pengerjaan akan dilakukan secara dua tahap yang akan dimulai pada 2019 ini.

(Baca Juga : Enggak Susah, Begini Tips Mengemudi yang Aman di Jalan Tol Ala Polisi)

"Target tahap 1 dari Gasibu sampai Arcamanik dan KM 149 sampai simpang Gedebage, itu targetnya 2021. Tahap 2 dari Arcamanik sampai Ujungberung ke simpang Gedebage itu beres 2023," paparnya.

BIUTR ini juga direncanakan terintegrasi menembus ke jalur Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). Untuk menuju ke Tol Cisundawu, pembuatan jalan BIUTR akan dimulai dari Ujungberung.

"Selanjutnya dari Ujungberung sampai Cisumdawu selesai tahun 2025. Terkoneksi dengan Cisumdawu nanti ada di belakang IPDN. Tidak lewat Cileunyi karena terlalu padat. Sesudah Cibiru, keluar dari jalan nasional," terangnya.

Jajat berharap dengan adanya dukungan penuh dari Pemkot Bandung proses pembebasan lahan bisa segera tuntas. Sebab, kata dia, ada lahan milik non pemerintah yang akan terpakai sekitar 5-10 meter.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Tahun Ini Tol Dalam Kota Bandung Akan Dibangun Setelah 14 Tahun Mangkrak, Ini Rutenya

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa