Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jokowi Berencana Tingkatkan Biosolar B20 ke B100, Mungkinkah?

Anton Hari Wirawan - Selasa, 19 Februari 2019 | 09:40 WIB
Biodiesel B20
TribunMedan
Biodiesel B20

GridOto.com - Pada debat kedua Pilpres 2019 (17/2/2019) lalu, Calon Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo mengatakan akan mengurangi penggunaan energi fosil dan mengoptimalkan penggunaan biodiesel 20 persen (B20) menjadi B100.

Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno mengatakan, dalam tiga tahun ke depan realisasi B100 bisa dijalankan secara bertahap dimulai dari B50.

Dia mengaku sudah menugasi PT Pertamina (Persero) untuk membuat refinery atau kilang minyak bekerja sama dengan perusahaan minyal asal Italia Eni Lubricant Oli di kawasan Plaju, Sumatera Selatan dengan nilai investasi mencapai 800 juta dollar AS.

"Jadi setelah saya dan Pak Ignasius Jonan (Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral) ke Eni Italia, Pak Jonan melihat ini adalah teknologi yang baik sehingga sudah dibuat perjanjian awal dengan Eni untuk membuat refinery B50 pertama di Plaju," ujar Rini di kantornya, dikutip dari Kompas.com (18/2/2019).

(Baca Juga : Debat Pilpres Kedua, Presiden Jokowi: Nanti Bakal Ada Biofuel B100 )

Dengan proses peralihan dari B20 menjadi B100 ini, harapannya secara bertahap penggunaan solar bisa sepenuhnya digantikan.

Adapun Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, penggunaan minyak nabati sebagai bahan bakar tidak hanya menggunakan bahan baku minyak kelapa sawit saja, tetapi juga minyak nabati lain yang berasal dari ampas tebu atau tanaman kaliandra.

Proses penggantan dari B20 menjadi B100 pun ditargetkan akan memakan waktu setidaknya tiga tahun dari sekarang.

"Tiga tahun bisa B100, cuma masalahnya apakah bisa penuh semua? Mungkin belum bisa. Jadi untuk menggantikan full solar, menurut saya masih akan makan waktu," tutup Rini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Jokowi Bilang Akan Realisasikan B100, Mungkinkah?

Editor : Anton Hari Wirawan
Sumber : Kompas.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa