Street Manners: Jas Hujan One Piece Berisiko Tinggi Sebabkan Celaka

Rizky Septian - Senin, 4 Februari 2019 | 17:05 WIB
Ilustrasi jas hujan ponco
Alam/GridOto.com
Ilustrasi jas hujan ponco

GridOto.com - Curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini, mengharuskan pengendara motor mengenakan jas hujan untuk mendukung mobilitasnya.

Namun, pemilihan jas hujan yang sesuai tampaknya belum disadari betul oleh para pemotor.

Alih-alih pakai jas hujan two piece (dua potong, jaket dan celana) yang memenuhi standar keselamatan, masih banyak ditemui pemotor yang menggunakan ponco atau jas hujan one piece.

Menurut Jusri Pulubuhu, pendiri dan instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), selain berbahaya, penggunaan jas hujan ponco juga kurang melindungi.

(Baca Juga : Enggak Asal Pakai, Yuk Pilih Jas Hujan yang Benar Biar Aman dan Nyaman)

“Jas hujan itu berfungsi untuk melindungi pengendara dari hujan atau kebasahan. Kalau pakai ponco, itu tidak akan maksimal karena tidak menutup seluruh tubuh,” kata Jusri saat dihubungi GridOto.com (4/2/2019).

Jas hujan model ponco sangat tidak disarankan
TMC Polda Metro Jaya
Jas hujan model ponco sangat tidak disarankan

“Itu dari sisi fungsionalitas, kalau dari segi keselamatan berkendara, jelas sangat tidak dianjurkan. Sebab, bagian ponco yang menjuntai ke bawah itu memiliki kemungkinan sangat besar untuk tersangkut di bagian motor yang bergerak, seperti gir, rantai, ataupun ban,” lanjut dia.

Nah, kalau sudah tersangkut, tahu sendiri kan akibatnya, Sob? Iya, kecelakaan!

“Sebenarnya tak hanya jas hujan, yang dikenakan pemotor di tubuhnya juga harus diperhatikan agar mengurangi risiko kecelakaan. Sudah banyak kasusnya, tali tas selempang terlalu panjang, selendang ataupun pakaian oversize yang tersangkut,” bilang Jusri.

(Baca Juga : Cara Menyimpan Jas Hujan Biar Enggak Gampang Robek)

Yuk, Sob, mulai beri perhatian lebih untuk etika berkendara di jalan, agar diri sendiri dan pengguna jalan lainnya selamat sampai tujuan!

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Hendra

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa