Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Penjualan Avanza dan Xenia Bekas Ternyata Sudah Anjlok Sejak Tahun 2015

M. Adam Samudra - Sabtu, 5 Januari 2019 | 15:45 WIB
Ilustrasi mobil bekas dijual
www.tribunnews
Ilustrasi mobil bekas dijual

GridOto.com - Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia pada segmen low multi purpose vehicle (MPV) dalam kondisi bekas kian meredup. Hal ini terlihat dari penjualan 4 tahun terakhir.

"Pada tahun 2015 itu penjualan Avanza dan Xenia masih terbilang lumayan bagus, tapi mulai tahun 2017 penjualannya mulai kurang," ujar Sodikin selaku penjaga showroom mobil bekas Formula di Bekasi Barat, Sabtu (5/1/2019).

Menurut dia, Toyota Avanza sudah jarang dilirik oleh konsumen asal Jakarta, kebanyakan yang memesan lebih ke konsumen daerah.

"Kebanyakan orang dari daerah itu dipakai buat satu keluarga biar muat banyak. Kalau yang dari Jakarta sekarang sudah mulai ngambil mobil besar seperti Mitsubishi Pajero dan Toyota Fortuner," paparnya.

(Baca Juga : Dilema Letak Pelat Nomor Moge di Depan, Ini Tanggapan Polisi)

Menurut Sodikin saat ini penjualan Avanza bekas tiap bulannya semakin berkurang akibat kalah saing dengan model-model baru yang ditawarkan.

"Sekarang sudah enggak menentu, bahkan sebulan bisa jual puluhan unit saja," tuturnya.

Ia menambahkan, banyak calon konsumen mencari mobil merek lain bahkan di atas Avanza-Xenia dengan berbagai alasan, seperti MPV bekas dengan captain seat atau mobil dengan model pintu geser yang cukup ramai peminat.

Contohnya Honda Freed dan Toyota Sienta.

Ia menegaskan penjualan Avanza-Xenia bekas mengalami penurunan cukup signifikan dan hanya menyumbang penjualan sebanyak 20 persen.

(Baca Juga : Ojol Jarang Berikan Masker dan Penutup Kepala? Ini Alasannya)

Banyaknya konsumen yang beralih dari Avanza-Xenia banyak penyebabnya. 

Kemunculan kendaraan baru untuk kelas yang sama diyakini jadi salah satu faktor, karena berhasil menarik perhatian konsumen.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa