Bahaya Nih! Hindari Macet, Pengendara Motor Lewat Jalur Kereta

M. Adam Samudra - Selasa, 4 Desember 2018 | 11:10 WIB
pengendara sepeda motor nekat melewati jalur kereta api
Instagram @budayadisiplin
pengendara sepeda motor nekat melewati jalur kereta api

GridOto.com - Sebuah video yang menunjukkan pengendara sepeda motor nekat melewati jalur kereta api viral di media sosial. 

Pengendara motor itu bahkan sampai memasuki area Stasiun Cimindi-Cimahi, Cigugur Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat.

Dalam video yang dibagikan oleh akun Instagram @budayadisiplin pada Senin (3/12/2018), terlihat pria tersebut sengaja melawati jalur kereta untuk menghindari macet.

Tak sedikit masyakat melihat aksi nekat pemotor itu karena tindakannya dianggap berbahaya. 

(BACA JUGA: E-TLE Bisa Cegah Curanmor. Ini Kata Polisi!)

Menanggapi hal ini, Kasubdit Gakkum Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengaku tindakan tersebut sangat berbahaya dan sudah melanggar aturan tertib berlalu lintas.

"Kalau lewat di perlintasan sudah jelas begitu sirene bunyi kemudian pintu itu tertutup, pengendara sudah harus ikut berhenti, apalagi jika sampai melewati rel kereta api, ya jelas tidak boleh, itu sangat membahayakan," ucap AKBP Budiyanto kepada GridOto.com di Jakarta, Selasa (4/12/2018).

Ia mengaku, tanpa disadari, pandangan umum kerap menunjukkan bahwa keselamatan bertransportasi merupakan semata-mata tanggung jawab si penyelanggara moda transportasi tersebut.

Padahal, jika ditilik lebih jauh, masing-masing pihak yang berkepentingan memiliki andil dan tanggung jawabnya sendiri.

(BACA JUGA: Ganteng Maksimal, CBR150R 2015 Tampil Eye-Catching Bergaya Racing)

PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai operator dan penyelenggara sarana perkeretaapian pun memiliki porsi dan tanggung jawabnya.

"Karena itu sudah jelas masuk daerah wilayah operasional Kereta Api," tuturnya.

Ia mengimbau pengguna jalan raya harus tetap mawas diri, ada atau tidak ada penjaga maupun fasilitas pelintasan sebidang, saat berada di area tersebut haruslah memperhatikan seluruh rambu dan tanda-tanda keselamatan yang ada serta setiap arah jalur kereta api

Pada hakikatnya, Ruang Manfaat Jalur Kereta Api merupakan kawasan yang steril dan diperuntukkan bagi operasional kereta api saja.

Pasal 37 ayat (1) UU No. 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian menyatakan bahwa jalur KA terdiri atas Ruang Manfaat Jalur Kereta Api, Ruang Milik Jalur Kereta Api, dan Ruang Pengawasan Jalur Kereta Api.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Fendi

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa