Gokil! Parkir Sembarangan di Bandung, Pentil Ban Dijamin Hilang!

Adi Wira Bhre Anggono - Senin, 5 November 2018 | 19:58 WIB
Dishub Kota Bandung membuat kebijakan terkait adanya tindakan tegas berupa cabut pentil (penggembosan) untuk kendaraan yang pasrkir sembarangan.
Instagram.com/budayadisiplin
Dishub Kota Bandung membuat kebijakan terkait adanya tindakan tegas berupa cabut pentil (penggembosan) untuk kendaraan yang pasrkir sembarangan.

GridOto.com - Perilaku merugikan bagi orang lain seperti parkir sembarangan masih sering ditemui dalam keseharian pengguna jalan umum.

Maka dari itu, tindakan tegas dari pemerintah memang diperlukan dalam mengendalikan perilaku yang seperti ini.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh pemerintah Kota Bandung dengan memberlakukan tindakan cabut pentil bagi kendaraan yang parkir sembarangan.

Dinas Perhubungan Kota Bandung mengeluarkan surat edaran terkait penindakan terhadap pelanggaran parkir di Kota Bandung sejak 29 Oktober 2018.

Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi Dinas Perhubungan Kota Bandung, Asep Kuswara menyampaikan bahwa kebijakan cabut pentil ini tertuang dalam aturan resmi.

(Baca juga: Honda Supra Fit Ada yang Pakai Livery Repsol Juga?)

"Kebijakan untuk cabut pentil ada di Keputusan Wali Kota Nomor 551/kep/1282-dishub/2018 pada tanggal 9 Oktober 2018," ujar Asep, Senin (5/11/2018) seperti dilansir Kompas.com

Aturan cabut pentil ini disebutkan juga dalam Kepwal Bandung Nomor 551/1281-dishub/2018 tentang Pembentukan Tim Penegakan Hukum di Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi pada poin (i).

Adapun bunyinya, yakni "Tim Penegakan Hukum di Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi mempunyai tugas melakukan penindakan terhadap kendaraan yang melakukan pelanggaran parkir melalui penguncian roda (gembok ban), penggembosan ban (cabut pentil), penempelan stiker dan/atau pemindahan kendaraan (penderekan)".

Manurut Asep, aturan ini diberlakukan karena mengingat banyaknya kendaraan yang melakukan parkir sembarangan di Kota Bandung.


Editor : Ditta Aditya Pratama
Sumber : Kompas.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa