Motor Produksi Indonesia Makin Diminati Pasar Global, Ini Merek Paling Banyak Ekspor

Dio Dananjaya - Rabu, 17 Oktober 2018 | 10:41 WIB
Ilustrasi Pabrik Yamaha di Iwata, Jepang
Istimewa
Ilustrasi Pabrik Yamaha di Iwata, Jepang

GridOto.com – Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor sepeda motor di dunia, produknya terbukti mampu bersaing di kancah persaingan global.

Tak hanya pasar domestik yang tengah meningkat penjualannya, target pasar ekspor pun dinilai beberapa pihak akan mengalami kenaikan.

Terlebih, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) belum lama ini merilis data ekspor Indonesia ke beberapa negara.

(BACA JUGA: Royal Enfield 1961 Jadi Motor Listrik Pakai Baterai Nissan Leaf)

Dan rupanya ekspor sepeda motor mengalami kenaikan mencapai 438.530 unit pada Januari hingga September 2018

Perolehan ini meningkat 41,8 persen dibanding periode yang sama tahun lalu, seperti diketahui di tahun 2017 ekspor sepeda motor tercatat hanya 309.325 unit.

Menurut AISI, angka ini masih mungkin mengalami peningkatan hingga 23 persen, atau mencapai sekitar 530 ribu unit hingga akhir tahun 2018.

“Angka kenaikan ekspor sepeda motor menunjukkan bahwa produk sepeda motor produksi anak bangsa sangat diminati dan diakui banyak Negara tujuan ekspor,” kaya Johannes Loman, Ketua Umum AISI kepada wartawan di Jakarta (15/10/2018).

(BACA JUGA: Bukan Cuma Bikin Keren, Ini Fungsi Utama Spoiler di Helm)

Dari 5 anggota AISI yang terdiri dari 4 merek Jepang dan 1 merek India, Yamaha rupanya menjadi penyumbang ekspor terbanyak.

Yamaha mampu menyumbang sekitar 55 persen ekspor sepeda motor, atau lebih dari 240 ribu unit.

Di urutan kedua ada Honda yang menyumbang 28,5 persen, kemudian Suzuki sebanyak 7,8 persen, dan Kawasaki sekitar 2,4 persen.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Fendi

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa