Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Gempa Donggala - Palu

Cara Jitu Kemenhub Cegah Penjarahan Bantuan Logistik ke Korban Gempa Palu

Muhammad Ermiel Zulfikar - Rabu, 3 Oktober 2018 | 16:19 WIB
Kementerian Perhubungan adakan acara jumpa pers Penanganan dan Proses Rekonstruksi Infrastruktur Transportasi Pasca Bencana Alam di Palu dan Donggala
Taufiq JF
Kementerian Perhubungan adakan acara jumpa pers Penanganan dan Proses Rekonstruksi Infrastruktur Transportasi Pasca Bencana Alam di Palu dan Donggala

GridOto.com - Selain jalur udara dan laut, jalur darat juga digunakan untuk memberikan bantuan logistik menyusul akses menuju kota Palu sudah bisa dilalui.

Sayangnya hal itu belum berjalan mulus, sebab ditemui beberapa kasus penjarahan kendaraan pengangkut bantuan logistik yang dilakukan beberapa oknum warga di jalur darat.

Mengantisipasi penjarahan tersebut, Budi Setiyadi, selaku Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian dalam menyalurkan bantuan.

"Yang jelas kami mengantisipasi penjarahan, bus-bus Damri yang membawa bantuan logistik atau makanan baik dari Toli-toli, kemudian juga dari Gorontalo itu ada pengalawan dari pihak kepolisian," kata Budi Setiyadi saat ditemui di kawasan Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (3/10/2018).

(BACA JUGA: Belasan Bus Disiagakan Kemenhub untuk Melancarkan Mobilisasi di Palu)

"Kepolisian juga secara respons kalau ada pergerakan mobil yang membawa bantuan pasti ada pengawalan, termasuk membawa petugas Kepolisian untuk menjadi relawan di sana," lanjutnya.

Budi menambahkan, pihaknya juga berkoordinasi dengan Perum Damri untuk menyediakan transportasi berupa bus besar.

Baik itu kendaraan untuk mengangkut logistik, serta kendaraan untuk memudahkan mobilisasi masyarakat di lokasi bencana ataupun ke luar kota.

"Jadi ada jurusan Palu ke Mamuju, Sulawesi Barat, ada juga Palu ke Gorontalo sampai ke Makassar," ucap Budi lagi.

"Bahkan tadi ada permintaan empat bus Damri langsung ke Sopeng, jadi bus-bus kami sangat fleksibel sesuai dengan kemauan masyarakat mau ke mana, sepanjang memang dari sisi jumlahnya memenuhi," tutupnya.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa