Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Gempa Donggala - Palu

No Road No Problem, SAR Bandung Kerahkan Spider Excavator ke Lokasi Bencana Gempa Donggala

Ditta Aditya Pratama - Selasa, 2 Oktober 2018 | 20:47 WIB
Spider Excavator SAR Bandung
Tribun Jabar
Spider Excavator SAR Bandung

GridOto.com - Berbeda dengan excavator alias backhoe pada umumnya yang pakai roda track caterpillar, spider excavator ini istimewa Sob!

Punya empat ban yang dipasang di tiap kakinya, spider excavator milik SAR Bandung ini dapat memanjat tebing curam, bergantung pada tebing, maupun melintasi medan yang terdapat bebatuan besar tanpa hambatan.

Mirip nih sama tagline rekan dari Majalah Jip, 'No Road No Problem'.

(BACA JUGA: Berita Foto Pasca Gempa dan Tsunami di Sulawesi Tengah, Toyota Kijang Nyangkut Hingga Warga Gotong Motor)

Spider excavator yang kerap dipanggil backhoe laba-laba ini akan sangat membantu regu penyelamat untuk membereskan lokasi bencana yang dipenuhi puing bangunan.

Dibekali empat roda besar setinggi 1,5 meter, spider excavator dapat melaju secara stabil di medan yang tidak mungkin dilintasi oleh kendaraan berat lainnya. 

Kasi Sumberdaya Kantor SAR Bandung, Rudi, mengatakan, spider excavator ini dapat bergerak secara dinamis menyesuaikan medan dan kebutuhan untuk melakukan penanganan pascabencana di Sulawesi Tengah.

Spider excavator Euromach R145 milik SAR Bandung
Twitter / @SAR_Bandung

"Ini adalah salah satu alat terbaik yang dimiliki oleh Kantor SAR Bandung sejak 2016, alat ini bisa disegala medan, meskipun terjal sekali pun," kata Rudi di Kantor SAR Bandung, Jalan Raya Bandung-Garut, Kabupaten Sumedang, Selasa (2/10/2018).

Bagian boom di badan spider excavator bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, di antaranya, menggali, memecahkan bangunan, dan mengangkat reruntuhan akibat gempa serta tsunami.

Editor : Ditta Aditya Pratama
Sumber : Tribun Jabar,Euromach,Twitter / @SAR_Bandung

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa