Ini Produk Toyota Buatan Indonesia yang Paling Banyak Diekspor

Taufiq JF Putra - Rabu, 5 September 2018 | 17:00 WIB
Toyota telah mencapai ekspor lebih dari 1 juta unit kendaraan
RR Inne Aveline
Toyota telah mencapai ekspor lebih dari 1 juta unit kendaraan

GridOto.com - Lebih dari 30 tahun Toyota Indonesia telah melakukan ekspor produknya ke berbagai negara.

Toyota telah mengekspor berbagai produk otomotif mulai dari kendaraan utuh atau CBU, CKD, mesin utuh tipe TR dan NR, komponen kendaraan hingga alat bantu produksi berupa jig (alat bantu proses pengelasan).

Ada 9 model kendaran utuh Toyota yang diekspor ke mancanegara yaitu Fortuner, Kijang Innova, Vios, Yaris, Sienta, Avanza, Rush, Agya, dan Townace atau Townlite.

Model SUV Fortuner yang diproduksi di fasilitas manufaktur Toyota Karawang Plant 1 menyumbangkan volume ekspor terbesar.

(BACA JUGA: Video Pemotor Wanita Nekat Terobos Palang Kereta Api )

Secara kumulatif total volume ekspor Fortuner sejak ekspor perdana di tahun 2006 berjumlah 410 ribu unit, atau sekitar 30 persen dari total volume ekspor CBU Toyota.

Edward Otto Kanter, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengatakan bahwa produk otomotif model SUV dan sedan dari Indonesia cukup kompetitif.

"Kami yakin daya saing yang tinggi menjadi salah satu kunci sukses untuk membuka peluang menjadi produsen otomotif berorientasi ekspor," ucap Edward.

Setelah Fortuner lalu diikuti oleh Vios dan Rush.

Vios sendiri perdana diekspor pada tahun 2014 ke negara Timur Tengah dengan volume rata-rata 3 ribu unit per bulan.

Sementara untuk Rush, mengalami perluasan ekspor secara bertahap ke Asia terutama Filipina, Timur Tengah serta negara berkembang lainnya.

Editor : Hendra

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa