Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ingin Produksi Massal, Mobil Pedesaan Harus Lewati Tahapan Ini Dulu

M. Adam Samudra - Senin, 6 Agustus 2018 | 17:46 WIB
Presiden Jokowi saat coba menaiki AMMDes
Naufal/GridOto
Presiden Jokowi saat coba menaiki AMMDes

GridOto.com - Prototipe terbaru Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) telah resmi diluncurkan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di Gaikindo Indonesia International Auto Show(GIIAS) 2018, di Tangerang, Kamis (2/8/2018). 

Menanggapi kehadiran mobil pedesaan tersebut, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, mengaku perlu adanya proses perizinan AMMDes kepada beberapa pihak terkait.

Hal itu guna mendapatkan izin layak jalan saat digunakan.

"Kalau mobil pedesaan baru kita rapatkan pertama kali bagimana pemerintah nanti akan melakukan sampai mobil ini bisa didaftarkan di kepolisian," kata Budi Setiyadi di arena GIIAS 2018 di ICE BSD, Senin (6/8/2018).

(BACA JUGA: Klasemen Sementara MotoGP 2018, Andrea Dovizioso Naik Posisi, 1 Yamaha Tergeser)

Untuk itu, AMMDes perlu menjalani proses uji tipe dan kelayakan jalan.

"Itu kan harus ada tahapannya dan harus ada pendaftaran di Kementerian Perindustrian, kemudian nanti ada nomor mesin dan nomor sasis," kata Budi.

Menurut dia, setelah semua beberapa proses perizinan tersebut telah tercapai, barulah Kemenhub melakukan uji tipe.

"Setelah keluar pendaftaran dari Kementerian Perindustrian, akan ada uji tipe dari saya, kemudian dari Kementerian Lingkungan Hidup sama Korlantas Polri," ucapnya.

(BACA JUGA: Ini yang Berubah dari Dua Ducati GP18 Sampai Bisa Tekuk Marc Marquez di MotoGP Ceko)

Dia berharap adanya AMMDes bisa membangun komitmen yang sama untuk mewujudkan kendaraan karya anak bangsa dapat terwujud.

Budi juga menyampaikan banyak terima kasih kepada Gaikindo yang telah menfasilitasi peluncuran dan dimulainya produk massal AMMDes, sehingga seluruh komponen anak bangsa bisa bertemu dan bersinergi serta kerja sama mewujudkan AMMDes ini.

Sementara itu, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Johanes Nangoi menyampaikan kehadiran pameran berkaliber internasional seperti GIIAS, penting untuk memacu penjualan kendaraan bermotor di Indonesia.

Selain itu, pameran otomotif penting untuk mengedukasi dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap produk-produk otomotif tanah air.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa