Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Wajib Dicatat Pemudik! Ini Titik Rawan Begal di Kabupaten Magetan

Ditta Aditya Pratama - Sabtu, 9 Juni 2018 | 20:35 WIB
Ilustrasi begal motor
Tribunnews.com
Ilustrasi begal motor

GridOto.com - Buat kamu yang mau mudik ke arah Magetan, harus ekstra waspada dan sebaiknya tidak melakukan perjalanan di malam hari.

Ada beberapa titik di Magetan yang menurut laporan dari warga setempat rawan tindak kriminal seperti begal karena kondisi jalanannya yang gelap gulita.

Sejumlah titik itu diantaranya, dari Desa Baeng - Dess Kiringan, Takeran, kemudian Madigondo - Takeran sekitar 30 titik, Sugiwaras, Kecamatan Maospati dengan Tinap sampai Pojoksari, Kecamatan Sukomoro.

Kemudian wilayah Desa Karangsono, Tanjungsari, Magetan sampai perbatasan dengan Desa Teguhan, Kecanatan Jiwan, Kabupaten Madiun.

(BACA JUGA: Apes! Ditangkap Polisi Karena Ngebut, Mantan Pembalap MotoGP Ini Dipecat)

"Banyak yang mengeluh di titik ruas jalan yang disebutkan, sangat gelap bila malam hari. Selain rawan Laka Lantas, juga rawan tindak kejahatan alias begal," jelas Kepala Bidang PJU dan Peralatan Laboratorium DPU PR Kabupaten Magetan, Elmy Kurnianto.

Oleh karena itu, menjelang Lebaran, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Magetan mengebut pemasangan lampu PJU di sejumlah ruas jalan rawan kecelakaan lalu lintas dan keamanan Ketertiban masyarakat.

"Kita perlu kebut pemasangan lampu PJU di sejumlah ruas jalan di wilayah Kabupaten Magetan, yang kondisinya sangat gelap bila malam hari. Sehingga di ruas jalan itu rawan Laka Lantas dan gangguan Kamtibmas. Apalagi menjelang dan hari H Lebaran sangat padat pemudik," tambah Elmy.

Namun, titik titik ruas jalan di wilayah Magetan yang di nilai rawan Laka dan Kamtibmas masih belum semua bisa dipasang lampu PJU, ini terkendala anggaran.

(BACA JUGA: Niatnya Ngerem Malah Ngegas, Mobilio Ini Bablas Seruduk Motor Sampai Masuk Parit)

Termasuk ruas jalan Ringinagung, Kecamatan kota sampai Buluharjo, Kecamatan Plaosan, Magetan.

"Kalau di Ringinagung - Buluharjo sudah kita pasang, namun masih kurang, dan cahaya lampu PJU belum bisa maksimal menerangi jalan yang berkelok kelok, turun naik di wilayah itu. Mungkin anggaran tahun berikutnya bisa kita tambah, juga ruas jalan lain yang masih gelap," imbuhnya.

Mungkin yang perlu ditambah lagi di kawasan jalan tembus antara Mojosemi - Cemorosewu, Plaosan, Magetan sampai perbatasan Cemorokandang, Karanganyar, Jawa Tengah.

"Di ruas jalan Mojosemi sebenarnya juga sudah terpasang, tapi memang jarak antar PJU agak kurang rapat sehingga masih banyak jalan yang terlihat gelap. Semua sudah kami rencanakan, mudah mudahan bisa memasang diruas jalan yang masih gelap dan menambah ruas jalan yang masih kurang terang," tegas Elmy Kurnianto.

Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul Awas, Jelang Mudik Lebaran, Sejumlah Ruas Jalan di Magetan Rawan Begal

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa