Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Selama Cuti Lebaran Aturan Ganjil Genap di Jalan Tol Ditiadakan, Catat Tanggalnya

Naufal Shafly - Sabtu, 9 Juni 2018 | 11:54 WIB
Ilustrasi ganjil genap di gerbang tol
kompas.com
Ilustrasi ganjil genap di gerbang tol

GridOto.com - Memasuki masa cuti bersama dan libur lebaran 2018, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), menyatakan kebijakan ganjil genap di sejumlah ruas tol Jabodetabek tidak berlaku selama masa tersebut.

Hal itu sesuai dengan peraturan Menteri Perhubungan PM Nomor 18 tahun 2018 dan Peraturan Meneteri Perhubungan PM Nomor 36 tahun 2018, yang menyebut peraturan ganjil genap tidak berlaku selama hari libur nasional.

Berdasarkan peraturan tersebut, maka peraturan ganjil genap di tol Jakarta Cikampek (ruas Bekasi-Jakarta), tol Jagorawi (ruas Cibubur-jakarta), tol Jakarta-Tangerang, akan ditiadakan sementara.

"Selesai masa cuti bersama lebaran yaitu tanggal 21 Juni 2018, paket kebijakan penanganan kemacetan di jalan tol, akan efektif diberlakukan kembali seperti biasa," ujar Budi Rahardjo, Kepala Bagian Humas BPTJ dalam keterangan resminya.

(BACA JUGA: Urai Kepadatan, Jasa Marga Berlakukan Contraflow Jelang Rest Area Km 39 Jalan Tol Jakarta-Cikampek)

Tak hanya peraturan ganjil genap, peraturan Lajur Khusus Angkutan Umum (LKAU) juga ditiadakan selama periode tersebut.

"Namun perlu dibedakan bahwa kebijakan pembatasan angkutan barang (gol III, IV, V) yang terkait dengan penyelenggaran angkutan lebaran secara nasional diatur tersendiri oleh Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan," ujar Budi

"Jadi tidak terkait dengan kebijakan pembatasan angkutan barang (III, IV, V) yang menjadi lingkup paket kebijakan penanganan kemacetan wilayah Jabodetabek oleh BPTJ," tambahnya.

Editor : Niko Fiandri

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa