Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mau Pasang Aksesori Pelindung Motor? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Muhammad Farhan - Jumat, 18 Mei 2018 | 11:12 WIB
Frame slider untuk motor sport fairing
Agna Inspire
Frame slider untuk motor sport fairing

GridOto.com – Aksesori pada umumnya ditambahkan oleh pemilik kendaraan karena kurang puas dengan tampilan atau spesifikasi yang diberikan oleh pabrikan.

Dalam dunia modifikasi, pemasangan aksesori, baik yang dikeluarkan oleh pabrikan atau aftermarket kini menjadi hal lumrah bagi mayoritas pengguna roda dua.

Salah satu aksesori yang kini menjadi wajib terpasang di motor adalah perangkat  perlindungan tambahan seperti frame slider, crashbar, axle, dan exhaust slider.

Kemudian, apa saja sih kelebihan yang dimiliki oleh perangkat tersebut, selain dapat melindungi motor itu sendiri?

(BACA JUGA:Biar Aman, Ini Ragam Perangkat Pelindung Motor yang Bisa Dipilih)

“Ketika dalam perjalanan atau saat touring, adanya protektor tambahan diharapkan motor tidak menghimpit ridernya ketika terjatuh, karena motor sudah tertopang oleh crashbar atau slider yang terpasang,” ujar Agna, pemilik Agna Inspire melalui pesan singkat pada GridOto.com (16/5).

Selain berkurangnya risiko kerusakan yang terjadi, tujuan lainnya adalah agar motor tetap berfungsi secara normal setelah terjadi benturan dan biaya perbaikan dapat ditekan.

Selain itu, secara estetika pun penambahan perangkat pelindung dapat menambah kesan padat dan kokoh, khususnya crashbar pada motor berjenis naked atau adventure.

Pemasangan aksesori pelindung motor pun tetap memiliki kekurangan, yaitu penambahan bobot kendaraan, serta menambah lebar motor itu sendiri.

Di samping itu, penambahan aksesori seperti crash bar atau engine guard juga bisa bikin motor kurang aerodinamis ketika dipacu dalam kecepatan tinggi.

Editor : Luthfi Anshori

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa