Motor Listrik Kuat Jalan Berapa Jauh Sih?

Naufal Shafly - Jumat, 27 April 2018 | 15:05 WIB
VIar Q1
Agus Salim / Otomotifnet
VIar Q1

GridOto.com - Indonesia mulai memasuki era kendaraan listrik, hal tersebut ditandai dengan banyaknya produk kendaraan listrik yang masuk ke Tanah Air.

Bahkan, banyak produsen motor listrik yang telah menjual produknya di Indonesia, seperti Selis dan Zero.

Tak mau kalah dengan sepeda motor berbahan bakar konvensional, motor listrik memiliki beberapa varian model seperti model skuter matic, sport, hingga roda tiga.

Salah satu pertanyaan umum yang sering muncul untuk motor listrik adalah, berapa sih jarak tempuh maksimal dari motor listrik?

(BACA JUGA: Motor Listrik Mulai Dijual, Ini Kapasitas Baterai yang Diusung?)

Selis New Balis, motor listrik roda tiga ini memiliki jarak tempuh sejauh 50 km, dengan baterai yang diusung 60 Volt 45 Ampere.

Sementara, Viar mengklaim produknya, Q1,  dapat berjalan sejauh 70 km dengan daya terisi penuh. Q1 dibekali baterai 60 Volt 20 Ampere.

Selis New Balis, motor listrik dengan tiga roda
Dio / GridOto.com
Selis New Balis, motor listrik dengan tiga roda

Motor listrik yang dipakai Presiden Joko Widodo di Papua, WIM Zero 8i, memiliki jarak tempuh sejauh 50 hingga 80 km dengan baterai yang terisi penuh. Baterai yang diusung motor ini berkapasitas 48 Volt 20 Ampere.

Lain halnya dengan motor buatan anak bangsa yang masih berupa konsep, yakni Gesits, motor ini mampu melaju sejauh 80 – 100 km dengan baterai yang terisi penuh.

(BACA JUGA: Perhatikan, Fitur Airbag Akan Efektif Jika Melakukan Ini)

Dari beberapa motor listrik yang tertulis di atas, kita dapat mengetahui, bahwa motor listrik memiliki mampu melaju cukup jauh jika kondisi baterai dalam keadaan penuh.

Selain itu, faktor baterai yang digunakan juga mempengaruhi jarak tempuh dari motor tersebut.


Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa