Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bolehkah Pakai Oli Mobil Untuk Motor? Ini Kata Pertamina Lubricants

M. Adam Samudra - Minggu, 15 April 2018 | 18:00 WIB
Ilustrasi oli
Kompas.com
Ilustrasi oli
 
 
 
GridOto.com- Bagi para kalangan biker, perawatan mesin sepeda motor menjadi salah satu hal yang paling diperhatikan. 
 
Paling dasar adalah pemilihan pelumas untuk mesin motor mereka.
 
Pasalnya, dari sekian banyak pengguna sepeda motor ini, sebagian ada yang senang bereksperimen dengan menggunakan pelumas mesin mobil untuk digunakan pada motor  mereka. 
 
Lantas apakah ini bisa dilakukan?
 
Product Development PT Pertamina Lubricants, Mia Khrisna pun angkat bicara.
 
 
"Bisa, pelumas mobil dipakai untuk motor skutik asalkan kualitasnya yang tinggi. Pasalnya, oli motor itu didesain dengan ketahanan yang lebih baik sehingga oli mobil yang ingin dipakai di mesin motor skutik haruslah yang memiliki ketahanan yang mumpuni " kata Mia Khrisna kepada GridOto.com di Jakarta, Minggu (15/4/2018).
 
Mia menjelaskan,  pelumas dibuat dari base oil dan aditif.
Namun, tingkat kelicinan pelumas untuk motor non skutik dan mobil berbeda karena motor non skutik menggunakan kopling basah yang butuh pelumas dengan karakter friksi yang khusus.
 
"Oli mesin mobil dan mesin motor skutik, friction character-nya relatif sama. Makanya banyak yang pakai Fastron Gold 5W-30 di motor skutik dan senang walau sebenarnya Fastron Gold itu dibuat untuk mobil," katanya.
 
"Kalau oli mesin motor non skutik, friction characteristic-nya beda dengan oli mesin mobil sehingga kalau dipaksa pakai oli mesin mobil, bisa slip kopling. Makanya oli non skutik harus khusus formulanya, misalnya Enduro 4T, yang dalam hal ini ada aditif anti slip koplingnya," ucapnya.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa