Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tahun Ini Bisa Lebih Cepet Sampe Kampung, Jasa Marga Siapkan Jalur Tol Fungsional Sepanjang 137,54 KM!

Ditta Aditya Pratama - Kamis, 12 April 2018 | 07:52 WIB
GridOto sempat mencoba jalan tol baru ruas Kartasura-Solo
Agun/GridOto.com
GridOto sempat mencoba jalan tol baru ruas Kartasura-Solo

GridOto.com - Enggak kerasa nih sebentar lagi Hari Raya Idul Fitri buat sobat GridOto yang merayakan.

Yang identik dengan perayaan Idul Fitri di Indonesia tentunya pulang kampung alias mudik.

Meski identik juga dengan macet, banyak yang enggak peduli demi bisa berkumpul dengan keluarga di kampung halaman.

Untungnya mudik dan balik Lebaran 2018 PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyediakan jalur fungsional dengan total panjang 137,54 kilometer.

Jalan ini terdiri dari Jalan Tol Batang-Semarang Ruas Batang-Krapyak sepanjang 75 kilometer dan Jalan Tol Semarang-Solo, Ruas Salatiga-Kartasura sepanjang 32,24 kilometer.

(BACA JUGA: Lakukan Ini Jika Mengalami Kondisi Darurat Di Jalan Tol)

Kemudian, Jalan Tol Ngawi-Kertosono (Ruas Wilangan-Nganjuk sepanjang 15 kilometer, dan Jalan Tol Pandaan-Malang Ruas Pandaan-Purwodadi sepanjang 15,3 kilometer.

"Pada tahun ini, Jasa Marga memanfaatkan jalur fungsional yang cukup panjang. Untuk menambah kenyamanan, nanti kita buat ada rest area sementara di titik-titik tertentu, dengan fasilitas yang lengkap," ujar Direktur Operasi II Jasa Marga Subakti Syukur yang dikutip GridOto.com dari  Kompas.com.

Selain itu, untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan, Jasa Marga melakukan perubahan sistem transaksi peningkatan kapasitas gerbang tol dan optimalisasi penggunaan transaksi non-tunai.

Dalam hal pelayanan lalu lintas, Jasa Marga juga telah menyiapkan penambahan sarana sistem informasi dan komunikasi, pengendalian dan pengaturan beban ruas per-segmen.

Persiapan lainnya adalah optimalisasi kapasitas lajur, minimalisir gangguan lalu lintas, penambahan kendaraan pelayanan lalu lintas, dan penambahan kapasitas lajur utama.

Gerbang tol Salatiga
Kompas.com
Gerbang tol Salatiga

Sebagai optimalisasi pelayanan lalu lintas, Jasa Marga menghentikan seluruh kegiatan proyek mulai dari H-7 hingga H+7 dan penerapan kebijakan Pemerintah terhadap pembatasan kendaraan angkutan barang dengan 3 sumbu atau lebih.

Optimalisasi berikutnya meliputi percepatan respon dengan menempatkan petugas-petugas di daerah rawan kepadatan, serta percepatan distribusi informasi situasi lalu lintas kepada pengguna jalan dengan media komunikasi (twitter dan JM CARe) dan penyampaian informasi kondisi lalu lintas melalui VMS, VMS Mobile.

Oh iya buat sobat GridOto yang mau mudik tahun ini, jangan lupa kendaraannya dipersiapkan juga biar enggak bermasalah di jalan ya!

Artikel ini pertama kali tayang di Kompas.com dengan judul "Lebaran 2018, Jasa Marga Siapkan Jalur Fungsional 137,54 Kilometer"

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa