Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Langkah-Langkah Mengganti Oli Mesin Mobil

R. P. Dipo Tontro Danukusumo - Rabu, 14 Maret 2018 | 17:00 WIB
Ganti Oli Mesin Mobil
Dipo
Ganti Oli Mesin Mobil

GridOto.com-Setiap mobil wajib menjalani proses penggantian oli mesin secara berkala sesuai amanat dari pabrikan mobil yang tercantum di buku panduan pemilik.

"Setiap mobil pasti melakukan pergantian oli mesin yang berfungsi untuk melumasi komponen dan kerja mesin mobil dan juga menjaga suhu mesin mobil," ucap Imam Santoso, Service Advisor, Honda Fatmawati, Jakarta Selatan kepada GridOto.com.

Proses atau tahapan penggantian oli mesin mobil tergolong mudah, seperti ini langkahnya.

1. Mobil dibawa ke lift untuk diangkat hingga mekanik memiliki ruang yang cukup untuk membuka baut pembuangan oli yang berada di bagian mesin.

2. Siapkan bak penampungan oli bekas dan letakkan tepat di bawah lubang pembuangan oli mesin.

3. Kemudian kendurkan atau buka baut pembuangan oli.

(BACA JUGA: Masalah Pada Tutup Oli Mesin Atau Oil Cap, Cuma Ini Doang Ternyata)

4. Begitu baut oli terlepas, oli mesin akan mengalir keluar dan tunggu hingga habis atau tidak ada oli yang menetes keluar dari lubang pembuangan.

"Kami tidak menganjurkan untuk menyemprotkan atau memasukkan udara pada mesin, itu bisa berbahaya karena bisa timbul air di dalam mesin yang berasal dari udara tersebut," ujar Bambang Sulistiyanto, Service Head Toyota Auto2000 Tebet, Jakarta Selatan.

Kalau air bercampur dengan oli mesin akan bisa menyebabkan oli rusak sehingga kemampuan pelumasannya berkurang atau bahkan hilang.

5. Setelah oli mesin habis terbuang tutup kembali baut pembuangan.

"Jangan lupa ada paking lama di baut pembuangan yang harus dibuang dan diganti dengan paking baru, lalu pastikan baut terpasang dengan kencang," timpal Eka Ferdian Syahputra, Technical Leader, Honda Fatmwati, Jakarta Selatan.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa