Mau Pasang Roof Box, Ini Hitung-Hitungan Ideal Terkait Beban Angkut

Ivan Casagrande Momot - Selasa, 9 Januari 2018 | 08:42 WIB
Pasang roof box di mobil perhatian load index
budyandaka (auto bild indonesia)
Pasang roof box di mobil perhatian load index

GridOto.com - Sesuai namanya roof box memang dibuat sebagai bagasi tambahan yang dipasang pada atap mobil.

Di kalangan pecinta modifikasi, roof box biasa diaplikasi merujuk pada gaya mobil touring. Bahkan kami pernah ulas sebuah Lamborghini yang menggunakan roof box.  

(Baca juga : Lihat Nih Lamborghini Huracan Buat Touring Jauh Pakai Roof Box Tambah Keren!)

Tapi tahukah Anda kalau memasang rof box bukan sekadar asal pasang karena terkait angka load di roof box yang biasanya tidak terlalu besar.

Sebab atap tidak hanya akan menanggung beban statis (saat mobil diam), tetapi juga beban dinamis akibat pergerakan mobil ketika bermanuver di jalan saat menggunakan roof box.

Pasang roof box ikut mempengaruhi kemampuan manuver mobil
auto bild indonesia
Pasang roof box ikut mempengaruhi kemampuan manuver mobil
“Toyota tidak pernah secara resmi mengeluarkan beban maksimal yang bisa diangkut di atap. Utamanya untuk mobil penumpang seperti Innova dan sedan. Tetapi untuk tipe SUV, biasanya sudah dilengkapi roof rail dan desainnya sudah mempertimbangkan beban di atap” terang Dadi Hendriadi, GM of Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM).

Bagaimana aturan pemasangan roof box terkait beban maksimum yang bisa diterima mobil?

Penggunaan roof box pun perlu perhitungan matang terutama terhadap beban maksimum yang dapat diangkut oleh kendaraan tersebut.

Sebagai contoh Toyota Kijang Innova Diesel memiliki kreb weight 1.700 kg dan gross weight 2.300 kg. Artinya, beban yang dapat diusung Kijang Innova hanya 600 kg. Hasil dari kreb weight dikurangi gross weight.
        
Tinggi roof box perlu diperhatikan
auto bild indonesia
Tinggi roof box perlu diperhatikan
Tinggi ideal roof box 35-45 cm dan lebar 90-95 cm Cross bar juga diperhitungkan terkait beban maksimum yang bisa diterima mobil    Pada roof box sebaiknya tempatkan barangbarang yang ringan seperti tas baju

Bila diasumsikan berat satu orang dewasa 70 kg dengan daya angkut 7 orang maka total bobot penumpang saja 490 kg. Berarti sisa untuk membawa barang hanya 110 kg.

Nah angka inilah yang perlu dihitung secara benar. Bila berat roof box berikut dengan cross bar mencapai 20 kg, Anda hanya dapat membawa barang seberat 90 kg.

Tinggi ideal roof box 35-45 cm
auto bild indonesia
Tinggi ideal roof box 35-45 cm
Kecuali bila jumlah penumpang dikurangi satu orang, maka kemampuan membawa barang pun menjadi meningkat hingga 160 kg.

Penggunaan roof box paling berpengaruh tentu pada kekuatan struktur atap. Selain bisa membuat atap penyok, faktor keamanan juga menjadi sorotan.

Di samping menurunnya stabilitas mobil karena beban di atas, unsur aerodinamis mobil juga jadi terkoreksi. Roof box yang aman memiliki kapasitas angkut 490 liter dengan berat barang maksimal 75 kg.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa