Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Menhub Minta Dishub Provinsi Lakukan Pengawasan Bus Pariwisata

M. Adam Samudra - Senin, 1 Januari 2018 | 07:50 WIB
Ilustrasi Bus Mira
juraganbis.blogspot.com
Ilustrasi Bus Mira

GridOto.com- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta para Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk melakukan pengawasan terhadap bus pariwisata

Hal ini disampaikan Menhub saat melakukan pemantauan dan peninjauan arus balik Angkutan Natal dan Tahun Baru di Jawa Tengah.

"Saya minta Kadishub Provinsi Jabar, Jateng dan Jatim untuk melakukan pengawasan yang ketat pada bus pariwisata yang akan digunakan ke tempat-tempat wisata di Pulau Jawa terutama cek pengereman jika bus akan melewati jalanan yang menanjak," ungkap Budi Karya melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (31/12).

Menhub mengatakan pengawasan yang ketat perlu dilakukan pada bus yang akan digunakan ke tempat wisata terutama dengan kondisi jalan yang menanjak.

(BACA JUGA:Rela Tak Libur, Menhub Berikan Penghargaan ke 50 Pejuang Transportasi)

Lebih lanjut Menhub juga menyebutkan beberapa tempat wisata yang dilalui dengan jalan yang menanjak.

"Beberapa kondisi jalan menanjak di antaranya dari Cianjur ke Puncak, Gadog ke Puncak, Bandung ke Lembang, Subang ke Tangkuban Perahu, Karang Anyar ke Tawang Mangu, Purwokerto ke Batu Aden, Slawi ke Guci Tegal, Yogyakarta ke Kaliurang," tambah Menhub. 

Untuk itu, dirinya meminta para Kadishub untuk menindak tegas jika ditemukan bus pariwisata yang tidak memenuhi persyaratan laik jalan.

"Mulai hari ini lakukan pengecekan dan beri tindakan tegas jika ditemukan bus pariwisata  yang remnya tidak berfungsi dengan baik, yang tidak laik jalan," tegasnya.

Editor : Iday

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa