Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenal Lagi Fungsi Per Kopling di Motor Sport dan Bebek

Luthfi Anshori - Selasa, 14 November 2017 | 09:20 WIB
Per kopling
Ruslan Abdul Gani
Per kopling

GridOto.com - Per kopling pada motor sport maupun bebek merupakan salah satu part penting dalam sistem kerja motor bertransmisi manual maupun semi otomatis.

Per kopling memastikan kampas kopling tetap menempel pada pelat gesek, sehingga transmisi bisa bekerja sesuai fungsinya.

"Fungsi utamanya untuk menekan kampas kopling agar menempel pada pelat gesek," kata Eko Haryanto, Service Advisor Ahass Prima Motor, Depok, dihubungi GridOto.com baru-baru ini.

Tanpa adanya per kopling, kampas tidak bisa menempel dengan pelat gesek sehingga tenaga dari putaran mesin tidak sampai ke transmisi.

(BACA JUGA: Pindah Gigi Tanpa Tarik Tuas Kopling, Seperti Apa Dampaknya di Motor?)

"Selain untuk menekan, per kopling juga berfungsi untuk mengembalikan kampas kopling ke posisi semula, kalau baliknya lama kopling akan terasa selip," tambah Eko.

Soal tingkat kekerasan per kopling, juga tergantung dari kebutuhan motornya.

"Kalau tenaga motornya besar pasti per koplingnya juga pakai yang kuat untuk menekan kampas kopling, makanya pada motor ber cc besar koplingnya dipencet agak keras," tutupnya.

Editor : Luthfi Anshori

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa