Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Indonesia Siap Jadi Produsen Baterai Kendaraan Listrik Ke-4 di Dunia

Naufal Shafly - Senin, 22 Oktober 2018 | 19:37 WIB
Ilustrasi isi baterai lithium
Youtube/Smart Battery
Ilustrasi isi baterai lithium

GridOto.com - Indonesia tegah mempersiapkan diri, dalam menyambut era kendaraan listrik yang sudah mulai di beberapa negara.

Bahkan, Indonesia dikabarkan siap membangun pabrik untuk memproduksi baterai kendaraan listrik.

Menurut Harjanto, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, pabrik baterai yang dimaksud berlokasi di Halmahera, Maluku Utara.

"Mengenai pabrik di Halmahera, itu yang saya tahu sudah proses peletakan batu pertama, dengan investasi Rp 144 Triliun kalau gak salah," ucap Harjanto beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, Halmahera dipilih karena memiliki sumber daya alam berupa nikel, yang bisa dijadikan bahan baku pembuat baterai.

(BACA JUGA: Regulasi Masih Disusun, Ini Kendala Motor Listrik Kata AISI)

Harjanto menyebut, pemerintah juga tengah mendorong para pelaku industri untuk dapat memproduksi baterai berbahan nikel kobalt.

"Kita sudah berfikir juga bagaimana kita merecycle limbah baterai. Karena saya juga sudah berbicara dengan pabrikan otomotif, mereka masih ada rintangan untuk merecycle baterai lithium itu," jelasnya.

"Tapi kalau Nikel, saya rasa bisa direcycle dengan lebih baik. Karena kita gamau kita menyelesaikan masalah emisi, tapi kita menciptakan waste di tempat lain, ini juga yang harus kita selesaikan," sambungnya.

Jika nantinya pabrik ini resmi beroperasi, Indonesia akan menjadi negara keempat yang memproduksi baterai, setelah Cina, Jepang, dan Korea.

Bukan hanya itu, Harjanto menjelaskan, pihaknya juga telah berkomunikasi dengan produsen baterai asal Jepang, Panasonic, untuk memproduksi baterai di Indonesia.

(BACA JUGA: Industri Akan Kedatangan Teknologi Motor Listrik, Begini Tanggapan AISI)

"Saya juga sudah dorong Panasonic, kan mereka punya pabrik baterai juga di Cikarang, tapi hanya untuk elektronik. Nah kita harapkan mereka produksi untuk keperluan otomotif," tambah Harjanto.

Editor : Niko Fiandri

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa