Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pakar Safety Anjurkan Memulai Perjalanan Mudik Setelah Subuh

Taufiq JF Putra - Sabtu, 9 Juni 2018 | 17:20 WIB
Ilustrasi mengemudi saat mudik
Salim/GridOto
Ilustrasi mengemudi saat mudik

GridOto.com - Penting memilih waktu yang tepat untuk memulai perjalanan mudik ke kampung halaman.

Pemilihan waktu yang tepat dikarenakan agar pemudik dalam kondisi yang fit sebelum memulai perjalanan jauhnya.

Nah, waktu yang dinilai tepat untuk memulai perjalanan mudik adalah pascasubuh, seperti yang diungkapkan Jusri Pulubuhu, pendiri dan instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).

"Pascasubuh sekitar jam 5-an, jadi setelah subuh itu saat yang tepat untuk melakukan perjalanan mudik karena saat itu tubuh lagi segar-segarnya baru menerima asupan nutrisi," ujar Jusri kepada GridOto.com.

(BACA JUGA: Seken Keren: Style dan Performanya Mantap! Kekurangan Honda Civic FD Generasi Kedelapan Ada di Mana? )

Jusri juga mengimbau untuk menghindari perjalanan pada malam hari, karena adanya beberapa faktor yang berpengaruh dan bisa menyebabkan celaka.

"Karena pada malam hari, pertama tubuh pada saat kondisi yang sangat letih, kedua visibilitas atau kemampuan mata dalam mendeteksi sesuatu itu kurang, dan tidak semua kendaraan di jalan raya memiliki kondisi lampu yang layak jalan," jelasnya.

"Lalu yang ketiga malam itu bukan untuk beraktivitas berat, malam itu untuk istirahat, makanya pada saat malam oksigen itu berkurang agar kita tidur," sambungnya.

"Dan keempat berdasarkan fakta tragedi-tragedi di dunia, itu banyak yang terjadi pada malam hari, jadi sebaiknya tidak ada alasan, walaupun malam sepi justru ini membuat orang-orang monoton yang mengakibatkan kantuk," ungkapnya.

Selain itu, dalam perjalanan jangan lupa untuk atur pola istirahat, maksimal setiap 2 jam usahakan berhenti untuk istirahat.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa