Begini Proses Dan Biaya Membuat Jok Mobil Custom

Radityo Herdianto - Kamis, 17 Mei 2018 | 14:00 WIB
Custom Jok Mobil
Radityo Herdianto
Custom Jok Mobil

GridOto.com-Jok mobil standar kadang tidak cocok dengan bentuk tubuh pengemudi.

Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan memodifikasi busa jok, mengganti jok dengan model lain, atau membuat jok custom yang sesuai selera Anda.

Salah satu bengkel yang bisa mengerjakan jok custom adalah Sinar Jaya di daerah Petukangan Selatan, Jakarta Selatan.

Bengkel spesialis jok dan interior mobil ini bisa membuat jok mulai dari rangka sampai lapisan jok rapi dengan bahan kulit.

"Saat pembongkaran, mekanisme pengaturan jok standar tetap dipertahankan, hanya struktur tulang dan penyangga dari jok standarnya yang dirombak mengikuti pesanan konsumen," jelas Sanuri, pemilik bengkel saat ditemui GridOto.com (16/5).

(BACA JUGA: Kekasihku, Perhatikan Hal Ini Saat Ambil Asuransi Mobil Bekas)

Untuk bagian rangka, Sanuri menjelaskan, material yang digunakan adalah besi pipa hitam ukuran 3/4 inci, besi siku jenis 40x50 mm, plat strip jenis 25x25 mm, besi holo jenis 30x30 mm, dan plat seng dengan ketebalan 1,25 mm.

Bahan busa sebagai isi dari jok mobil menggunakan busa lembaran dan busa yellow dengan ketebalan 3-6 cm, busa dark green setebal 4 cm, dan busa super setebal 2 cm.

"Dulu kami menggunakan busa fresh karena produksi sendiri, tapi sekarang sudah diskontinyu karena terlalu mahal, lebih mudah menggunakan busa lembaran dan lebih empuk juga," ujar Sanuri.

Editor : Dwi Wahyu R.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X