Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bikin Semrawut Jalan Tiap Malam Weekend, Ini 'Tempat Persembunyian' Gerobak PKL di Asia Afrika Senayan

Ivan Casagrande Momot - Jumat, 13 April 2018 | 22:26 WIB
suasana pedagang sate taichan di patal Senayan
Kompas.com
suasana pedagang sate taichan di patal Senayan

GridOto.com - Jelang perhelatan Asian Games bulan Agustus mendatang, ibukota Jakarta terus bersolek. Tidak terkecuali penataan trotoar dan lalu lintas di area Jalan Asia Afrika, Senayan, Jakarta

Sayang areal pedestrian dan trotoar sepanjang jalan Asia-Afrika hingga kini seakan tidak bisa steril ulah pedagang kaki lima (PKL). Bahkan kerap semerawut jelang malam khususnya malam weekend seperti malam Sabtu dan malam Minggu.

Dikutip dari Kompas.com, PKL di dalam dan luar Gelora Bung Karno (GBK) rencananya akan ditertibkan menyambut Asian Games 2018.

PKL merambah sampai sepanjang jalan Asia Afrika
Kompas.com
PKL merambah sampai sepanjang jalan Asia Afrika
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, salah satu pedagang yang akan ditertibkan adalah pedagang sate taichan di sekitar Senayan.

"Termasuk di luar (GBK) juga nih. Ini kalau malam minggu nih (pedagang) sate taichan paling banyak, asapnya luar biasa. Nanti kami akan pindahkan," ujar Sandiaga seperti dilansir Kompas.com.

Pihak Pemda DKI Jakarta berupaya mencarikan tempat relokasi pedagang sate taichan dan PKL lain yang berjualan di dalam maupun luar GBK. Sandiaga mengatakan, trotoar itu harus steril untuk pejalan kaki.

gang sebelum Hotel Mulia Senayan
istimewa
gang sebelum Hotel Mulia Senayan
Sayang imbauan Sandiaga ini seolah masih angin lalu. Sebab GridOto.com sendiri menyaksikan bahwa PKL ini punya tempat persembunyian istimewa di gang yang letaknya di samping Gedung Basket baru sebelum Hotel Mulia, Senayan.

Berbagai gerobak PKL terlihat berjajar rapi disana, mulai gerobak sate taichan, soto, nasi goreng, dan lainnya yang ditinggalkan dalam keadaan apa adanya di siang hari.

jajaran gerobak PKL di siang hari justru tidak beroperasi
Ivan Casagrande Momot
jajaran gerobak PKL di siang hari justru tidak beroperasi
Untuk kemudian meraka akan beraksi di malam hari menjajakan makanan di area Patal Senayan.

Anehnya, keberadaan PKL penjaja makanan ini seolah jadi magnet Anak Gaul Jakarta yang lantas memarkir kendaraannya di bahu jalan untuk sekadar makan, nongkrong hingga dini hari. Hhhmm....gimana nih Pak Polisi??  

lapak PKL terlihat begitu kumuh di siang hari
Ivan Casagrande Momot
lapak PKL terlihat begitu kumuh di siang hari

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa