Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Gile...Pakai Identitas Palsu, Penipu Ini Nyaris Kredit Fortuner dan CR-V

Iday - Rabu, 28 Februari 2018 | 20:05 WIB
Foto ilustrasi. Toyota Fortuner TRD Sportivo
Gusti Maharani
Foto ilustrasi. Toyota Fortuner TRD Sportivo

GridOto.com - Sebuah upaya penipuan terjadi dengan tujuan membeli Toyota Fortuner dan Honda CRV dengan sistem kredit.

Warga Tangerang Selatan, Renaldy Bosito Martin (43) melapor ke Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya terkait pemalsuan identitas dirinya oleh seseorang.

Renaldy menceritakan, kejadian berawal pada tanggal 12 Januari 2018 sore saat ia mendapat telepon dari analis kredit Bank B Finance.

“Analis itu ingin mengonfirmasi apakah memang benar saya sedang mengajukan proses kredit mobil Toyota Fortuner. Si analis menelepon ke nomor saya karena saya pelanggan mereka sejak lama,” kata Renaldy kepada Warta Kota, Rabu (28/2/2018).

(BACA JUGA: Tipon : Tips Hindari Penipuan, Pancing Dengan Pertanyaan Ini)

Rupanya analis itu melihat kejanggalan, yaitu nomor telepon Renaldy dan istrinya yang diberikan pemohon berbeda dengan yang ada di daftar mereka.

Dari konfirmasi tersebut dipastikan bahwa identitas Renaldy dipalsukan. Pada data bank tertera NIK, KTP, NPWP, nama, tempat, dan tanggal lahir Renaldy dan pelaku sama. Namun alamat rumah mereka berbeda.

“Lalu foto di KTP ternyata berbeda dengan yang di database mereka. Bank lalu membagi foto pelaku dan pasangannya yang bernama Inggid yang mengaku sebagai istri saya,” tutur Renaldy.

Renaldy mencoba melaporkan kasus itu ke Polres Tangerang Selatan.

Namun karena menurut polisi transaksi dibatalkan oleh bank B dan tidak terjadi kerugian maka laporan tidak dapat diproses.

"Hanya mereka mau membuat surat tertulis tangan berisi pemberitahuan bahwa pada hari itu saya sudah berusaha melaporkan adanya pemalsuan identitas terhadap diri saya,” ujarnya.

Artikel ini telah tayang di wartokotalive.com dengan judul: Ngeri, Data Pribadi Pria Ini Dipalsukan, Pelaku Bisa Kredit Fortuner dan CRV

Editor : Iday

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa