Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Dia Cara Modif Kendaraan Yang Sesuai Dengan Aturan

M. Adam Samudra - Rabu, 17 Januari 2018 | 19:50 WIB
Mobil muka dua basisnya dari Toyota Vios
Kompas.com
Mobil muka dua basisnya dari Toyota Vios

GridOto.com- Mobil sedan berwarna emas dengan tampilan modifikasi bagian muka di depan dan belakang sempat viral di media sosial.

Mobil modifikasi itu menggabungkan dua unit mobil jenis sedan merek Toyota Vios produksi tahun 2012 dengan kapasitas mesin 1500 cc.

Menanggapi hal tersebut, Pengamat Modifikator dan pemilik Bengkel Modifikasi W7 Carsmetic, William Harjanto mengatakan hal

"Kalau saya jujur kurang pas dan kurang wajar. Sebab dalam memodifikasi sebuah kendaraan itu haruslah uji layak jalan dari Dinas Perhubungan," kata William kepada GridOto.com di Jakarta, Rabu (17/1).

"Jujur aliran ini yang sebenarnya juga dilarang oleh Kepolisian. Karena sudah melanggar aturan yang ada. Aliran modifikasi seharusnya tidak melanggar uji layaknya kendaraan," tambahnya.

(BACA JUGA: Penjelasan Mekanik Vios Muka Dua :)

Untuk itu dirinya menghimbau kepada para modifikator jika ingin memodifikasi sebuah kendaraan ikutilah aturan Undang-undang kecuali modifikasi untuk pameran

Karenanya, ada beberapa yang perlu diperhatikan saat memodifikasi kendaraan yang legal di jalan raya. Pastikan beberapa hal berikut :

1. Spion tetap ada, berjumlah dua dan berfungsi.

2. Lampu depan, belakang, dan dua buah sein depan serta belakang ada dan safety.

3. Jika untuk kontest boleh saja semau anda berkreasi, tapi jika buat harian (daily use) wajib mematuhi peraturan lalu lintas.

4. Data pada motor sesuai STNK seperti nomor rangka, nomkr mesin, nomor registrasi kendaraan, plat nomer sesuai, warna sesuai. Jika diubah, harap melakukan registrasi ulang untuk mutasi.

5. Modifikasi yang tidak merubah kapasitas mesin, dimensi kendaraan, daya angkut tidak wajib melapor ke Kepolisian.

Sebelumnya, dalam sebuah video singkat yang diunggah ke media sosial Instagram, terlihat Vios bermuka dua ini bisa dikemudikan secara normal.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa