Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hindari 3 Kebiasaan Seperti Ini Jika Ban Motor Anda Ingin Awet

Luthfi Anshori - Rabu, 8 November 2017 | 15:00 WIB
Ban motor pecah-pecah
Facebook Motuba/Indra Pramana
Ban motor pecah-pecah

GridOto.com - Selain bergantung pada jenis kompon dan medan jalan yang dilewati, awet tidaknya ban pada motor yang kita gunakan juga dipengaruhi dari kebiasaan mengemudi.

Setidaknya ada 3 faktor yang turut mempengaruhi tingkat keausan pada ban motor yang kita gunakan.

"Yang pertama adalah faktor tekanan angin yang kurang," buka Jimmy Handoyo, Technical Service and Development Department Head PT. Suryaraya Rubberindo Industries (SRI), produsen ban FDR, kepada GridOto.com (8/11).

Ketika ban kekurangan tekanan angin, luas permukaan ban yang bergesekan dengan aspal tentunya akan semakin besar, sehingga tapak ban akan lebih cepat aus.

(BACA JUGA: Jangan Asal Pompa, Ini Tekanan Ban yang Ideal untuk Motor Anda)

 "Yang kedua adalah cara berkendara. Sering memainkan rem dan cenderung melakukan late braking, juga bisa mempercepat keausan ban," tambah Jimmy.

Kebiasaan buruk tersebut akan membuat ban menerima beban yang lebih besar dan lebih intensif, gaya gesek ban ke permukaan aspal pun jadi semakin besar.

Faktor ketiga yang membikin ban cepat aus adalah sering membawa beban melebihi batas kemampuan ban.

Untuk diketahui, ban memiliki batas maksimum dalam menerima beban. Misal pada ban dengan ukuran 80/90-14 40P, angka “40” menunjukkan beban maksimum ban 140 kg.

Nah, jika ban dengan kemampuan menahan beban sebesar itu harus mengangkut beban melebihi dayanya, tentu permukaan ban yang menempel ke aspal semakin besar, dan membuat ban lebih cepat terkikis.

Editor : Luthfi Anshori

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa